MENJADI KARANG YANG KOKOH


















MENJADI KARANG YANG KOKOH (Mat 16:13-23)

Dalam ilmu managemen, kita mengenal istilah, "The right man on the right place." Kita berusaha menempatkan orang yang tepat untuk suatu posisi dan tugas yang tepat pula. Yesus memilih Petrus sebagai batu karang yang kokoh bagi Gereja. Lebih dari itu, Yesus menyerahkan kunci Kerajaan Surga kepada Petrus untuk mengikat dan melepaskan yang ada di dunia dan di surga. Yesus mempercayakan Gereja-Nya dan kunci Kerajaan Surga kepada Petrus adalah karena ia sungguh mengimani Yesus, "Engkau adalah Kristus, Putera Allah yang hidup" (Mat 16:16).

Gereja sudah hidup ribuan tahun di atas para Rasul, para penerus dan seluruh umat beriman. Gereja akan terus bertahan apabila setiap anggotanya berusaha menjadikan dirinya batu karang yang kokoh. Menjadi batu karang Gereja bukan hanya urusan di seputar altar. Tempat di mana kita hidup dan berkarya adalah Gereja sebagai komunitas orang beriman. Dan Gereja pertama adalah keluarga, di mana setiap anggota keluarga belajar tentang iman dan menghidupi nilai-nilai Kristiani.

Kokoh tidaknya Gereja dan masyarakat ditentukan oleh keluarga. Keluarga-keluarga yang menghidupi iman dan menghayati nilai-nilai Kristiani sedang dan sudah melestarikan keberlangsungan hidup Gereja dan masyarakat.

Salam Kasih Dalam Sang Sabda.

P. Yonas, SVD (QC, 7/8/14)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel