PERGI MENCARI


















PERGI MENCARI (Mat 18:1-5,10,12-14)

Apa yang pertama biasa anda lakukan terhadap teman yang berdosa? Pengalaman kita mungkin berbeda-beda. Tetapi yang biasa banyak dilakukan orang adalah membicarakan dosa orang lain. Pertobatan seseorang jarang dan bahkan tidak pernah terdengar, yang paling banyak terdengar adalah dosanya yang tersiar sampai ke belahan dunia lain. Semoga saja saya salah.

Yesus, Sang Gembala Baik menampilkan sikap berbeda. Dengan menekankan sikap gembala yang PERGI MENCARI (lih ayat 12) satu domba yang hilang, Yesus menekankan aspek tanggungjawab terhadap sesama. Teman, anggota keluarga dan komunitas yang berdosa adalah tanggungjawab kita. Diri kita, keluarga dan komunitas hendaknya menjadi pribadi dan tempat yang menyembuhkan. Sebagai pribadi dan tempat yang menyembuhkan, kita harus siap terluka dan turut menderita karena ikut merasakan beratnya dosa mereka.

Menerima masa lalu seseorang sebagai bagian utuh hidupnya, mengampuni, mendoakan dan setia menemaninya pada jalan hidup baru adalah sifat murah hati gembala baik. Gembala baik yang murah hati adalah orang yang pergi mencari sesama yang berdosa, bukan mencari-cari kesalahannya.

Salam Kasih Dalam Sang Sabda.

P. Yonas, SVD. (QC, 12/8/14)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel