Mengarahkan Diri Pada Gerak Ilahi

15 Juli 2018 HARI MINGGU BIASA XV 

“Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat" (Mrk 6:12) 

Mengarahkan Diri Pada Gerak Ilahi 

Pewartaan Markus mengungkap perutusan yang dua belas. Lepas dari kesederhanaan hidup mereka dalam menjalani tugas perutusan Yesus, baiklah diperhatikan bahwa mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat. Kalau diperhatikan sungguh, pemberitaan yang dua belas sama persis seperti guru mereka: Yesus. Mereka mewartakan pertobatan! 

Baik pula direnungkan bahwa pertobatan berarti suatu gerak langkah dalam hidup untuk mengarahkan diri kembali pada gerak langkah Yang Ilahi. Umat manusia ditantang untuk senantiasa mengarahkan diri pada Yang Ilahi, Yang Tak Terbatas, bukan hal-hal terbatas atau duniawi. Konsekuensinya, umat manusia hendaknya senantiasa terbuka akan berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Kemungkinan-kemungkinan itu hendaknya diletakkan pada Yang Ilahi, yang senantiasa menarik umat manusia untuk senantiasa bergerak maju. Itu berarti ada tuntutan umat manusia untuk terus-menerus memahami, menemukan, ... singkatnya mengembangkan wawasan agar hidup manusia semakin disempurnakan. 


Tugas perutusan para murid Tuhan, baik dulu maupun sekarang, menunjukkan pembebasan umat manusia dari kegelapan hidup karena keterbatasan sikap dan wawasan. Para murid Tuhan ditantang untuk mengembangkan sikap dan wawasan akan hidup dan kehidupan. Dari sanalah kemudian dengan kesederhanaan hidupnya, para murid Tuhan menularkan sikap dan wawasan hidupnya sendiri. Dalam kesederhanaan hidupnya, para murid Tuhan mewartakan keterbukaan akan gerak langkah ilahi yang senantiasa membimbing umat manusia untuk bergerak maju.

By Slamet Harnoto

0 Response to "Mengarahkan Diri Pada Gerak Ilahi "

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel