Keterlibatan Allah Dalam HIdup Umat Manusia



10 Januari 2021 Pembaptisan Tuhan

“Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes” (Mark 1:9)

Keterlibatan Allah dalam Hidup Umat Manusia

Beberapa waktu yang lalu terasa begitu kuat di dalam diriku kesadaran akan rahmat baptisan yang telah aku terima. Situasi “gonjang-ganjing” dalam Gereja menyadarkan diriku akan tanggung jawab terhadap kehidupan Gereja dan menggereja. Tak dapat disangkal bahwa diriku tidak hanya terlibat dalam hiruk pikuk gerejani, tetapi sekaligus menanggung segala sesuatu yang terjadi di dalam persekutuan gerejani.

Baptisan Yesus oleh Yohanes sudah cukup kuat dimaknai sebagai solidaritas Allah terhadap hidup manusiawi. Ada juga yang memaknai sebagai pernyataan atau pelantikan Yesus sebelum memulai karyaNya. Bagiku, terasa begitu kuat betapa Allah melibatkan diriNya dalam kehidupan umat manusia dengan dan melalui baptisan Yesus oleh Yohanes itu. Ia menjadi bagian tak terpisahkan dalam hidup umat manusia. Ia ikut serta dalam hiruk-pikuk kehidupan manusiawi.

Baptisan Yesus menunjukkan bahwa Allah tidak akan (pernah) tinggal diam dengan “situasi negatif” umat manusia. Ia senantiasa bertindak tatkala manusia dilanda peperangan. Ia bertindak tatkala manusia berada dalam stagnasi, tanpa perkembangan signifikan. Ia bertindak dalam situasi pendemi sekarang ini.

Baptisan Yesus di Sungai Yordan menunjukkan kepadaku betapa keterlibatan Allah itu ada dalam kebersamaan umat manusia. Ia tidak bertindak sendiri. Ia senantiasa melibatkan umat manusia dalam karyaNya. Keterlibatan seperti ini menantang setiap insan, tidak hanya Yohanes, untuk tidak berpangku tangan karena ketidakpantasan diri. Keterlibatan ilahi senantiasa membuat orang beranjak dari keterpukauan akan Allah dan segera bergerak bersama dengan Allah.

Baptisan Yesus oleh Yohanes menyatakan bahwa Allah menerima wujud “air dan darah” (cf. 1 Yoh 5:6). Totalitas keterlibatan Allah dalam hidup umat manusia itu nyata sungguh dengan menerima baptisan bagi orang berdosa. Ia Yang Suci menerima baptisan pertobatan dan pengampunan. Allah sungguh-sungguh mewujud dalam hidup manusiawi.

Bagaimana dengan keterlibatan Anda? TOTAL!?!

 

~o0o~


Penulis : Slamet Harnoto & Publisher : F.X Rudy- Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Keterlibatan Allah Dalam HIdup Umat Manusia"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel