iklan banner

PERTEMUAN 3 DOA RENUNGAN PERINGATAN SYUKUR SANTO PELINDUNG PAROKI Lingkungan Santo Petrus 4

Pertemuan ketiga doa renungan peringatan syukur santo pelindung paroki umat lingkungan Santo Petrus 4 diadakan pada hari Sabtu, 13 November 2021 yang dihadiri oleh 9 participant dengan 11 umat dimulai pukul 19.46 wib melalui Zoom sebagai host ibu Ely sekaligus membuka pertemuan dengan kata pengantar terlebih dahulu.

Pertemuan ketiga mengambil tema Kembali Dalam Hidup Normal/Komunitas Ibadat dan fasilitator dipandu oleh bapak Sugi yang diawali dengan lagu pembuka Santo Yusuf Yang Menjaga yang dishare oleh bapak Sugi. Bacaan diambil dari Injil Matius 2:19-23 Kembali Dari Mesir. Setelah membacakan Injil, fasilitator menjelaskan beberapa hal mengenai Santo Yusuf.Mengapa paroki kita mengambil tema Santo Yusuf karena sesuai dengan semangat pelayanan yang akan kita teladani. Mulai 8 Desember 2020 Paus Fransiskus mengatakan bahwa Santo Yusuf adalah Pelindung Gereja Universal. Dan pada tahun 2021 merupakan Tahun Santo Yusuf bertepatan dengan ulang tahun yang 150 tahun. Santo Yusuf sebagai model atau figur dalam pelayanan, karena ikut dalam karya keselamatan Tuhan. Karena mimpi dari Santo Yusuf sampai 4 kali bermimpi : ketika Bunda Maria mengandung, ketika mengungsi, ketika kembali ke Israel dan mimpi yang terakhir kembali ke Galilea kota Nasaret. Dari ke 4 mimpi itulah yang menjadi petunjuk ketaatan Santo Yusuf atas perintah Tuhan.

Paus Fransiskus juga mengatakan ada 7 kualitas yang dimliki Santo Yusuf:
1. Penuh Belas Kasih. Dedikasi untuk pelayanan.
2. Lemah lembut/penuh cinta.
3. Bapa yang taat.
4. Bapa yang siap menerima
5. Berani dan kreatif. Tidak lari dari kesulitan.
6. Bapa pekerja. Menjadi pelindung para pekerja ( hari buruh 1 Mei).
7. Bapa tersembunyi. Menampilkan sifat Allah Bapa sendiri.
Untuk mengajak umat untuk sharing, fasilitator memberikan beberapa pertanyaan pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan Injil.

Sharing yang pertama oleh pak Albert:
- Mengkaitkan dengan 4 mimpi Santo Yusuf. Mimpi merupakan tanda yang akan menjadi kenyataan apabila diimani, karena mimpi itu perintah Tuhan untuk selalu setia dan taat kepadaNya.

Sharing yang kedua oleh ibu Theres:
- Mimpi untuk selalu mendoakan Budhenya yang sudah meninggal. Dengan Nyekar ke Makam nya.

Sharing yang ketiga oleh ibu Ely:
- Hampir sama dengan ibu Theres, tetapi yang dimimpikan adalah Romo Frans yang sudah meninggal. Yang intinya kita perlu mendoakan arwah arwah yang sudah meninggal.
Dan yang terakhir sharing dari pak Jito, bu Ade dan pak Parman, yaitu di masa pandemi rajin untuk berdoa, novena, Tuhan lah yang diandalkan. Kesabaran dalam mendidik dan mengasuh anak untuk masa depannya.

Setelah itu baru umat diajak untuk refleksi dan membangun niat. Baru dilanjutkan Doa Spontan Umat oleh : Bayu, ibu Ely dan pak Sugi. Kemudian semua doa doa spontan disatukan dengan doa Bapa Kami, Doa Penutup dan Mohon Berkat pengutusan.
















Semua rangkaian Ibadat ditutup dengan lagu penutup Mars Santo Albertus. Demikian laporan kegiatan doa renungan ketiga Peringatan Syukur Santo Pelindung Paroki di lingkungan Santo Petrus 4, sampai bertemu di Doa Renungan berikutnya. Tuhan Memberkati. Amin 🙏

Penulis  Bpk Petrus Indra Gunawan. & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online] Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "PERTEMUAN 3 DOA RENUNGAN PERINGATAN SYUKUR SANTO PELINDUNG PAROKI Lingkungan Santo Petrus 4"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel