iklan banner

PERTEMUAN 4 DOA RENUNGAN PERINGATAN SYUKUR SANTO PELINDUNG PAROKI Lingkungan Santo Petrus 4


Pertemuan keempat doa renungan peringatan syukur santo pelindung paroki umat lingkungan Santo Petrus 4 diadakan pada hari Sabtu, 20 November 2021 yang dihadiri oleh 10 participant dengan 16 umat dimulai pukul 19.45 Wib melalui Zoom sebagai host ibu Agustin. Sebelum dimulai ibadat atau  pertemuan acara dibuka dengan kata pengantar terlebih dahulu oleh pak Petrus yang mewakili Kaling.

Pertemuan keempat mengambil tema Keluarga Sebagai Gereja Ibadat dan fasilitator dipandu oleh bapak Jito yang menggantikan pak Ridwan karena berhalangan hadir. Ibadat diawali dengan lagu pembuka yaitu Hai Pra Umat MB 163 yang dishare oleh ibu Agustin. Bacaan diambil dari Injil Lukas 2:41-52 Yesus pada umur dua belas tahun dalam Bait Allah. Setelah membacakan Injil, fasilitator menjelaskan bahwa teks dalam Injil Lukas yang baru  saja dibacakan ini unik karena merupakan satu-satunya catatan Alkitab tentang kehidupan Yesus antara masa bayi sampai Dia memulai pelayananNya. Dan kita akan mengetahui dengan pasti apa yang dilakukan Yesus ketika Remaja. Orang tua Yesus adalah orang-orang yang saleh dalam mendidik Yesus, hal ini ditunjukkan dalam ayat 41-43a Keluarga yang saleh.

Untuk mengajak umat untuk sharing, fasilitator memberikan beberapa pertanyaan pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan Injil.

Pertanyaan ini menjadi bahan renungan dan sharing:
- Apa dampak pandemi covid 19 bagi kehidupan keluargaku?
- Bagaimana keluargaku menyikapi dampak tersebut?
-Apakah suasana kehidupan keluarga kudus Nazaret sudah diterapkan di keluargaku?
- Bagaimana niatku untuk semakin menjadikan keluargaku sebagai Gereja?
Sharing yang pertama oleh pak Albert:
- Menjawab dampak pandemi covid 19, Harapan waktu bersama keluarga tercapai, tetapi ada timbul gesekan gesekan antara suami dan istri serta anak-anak, tetapi dengan keyakinan pasrah pada Tuhan, puji Tuhan rencana Tuhan akan terkabul dan doa terjawab. Emang ujian itu timbul ketika bersama-sama, tetapi banyak yang Tuhan berikan dan sangat luar biasa.
Sharing yang kedua oleh pak Sugi:
- Dampak pada awal pandemi mengalami ketakutan yang luar biasa, tetapi semakin ke sini dengan melakukan prokes menjaga kebersihan, jaga jarak lama-lama ketakutan akan berkurang, berpikiran positif, mengurangi ketakutan yang berlebihan, dan yang utama pasrah pada Tuhan. Selain itu dampak yang positif dari pandemi, komunikasi dengan anak berjalan dengan baik.

Setelah itu baru umat diajak untuk refleksi dan membangun niat serta fasilitator mengajak umat yang hadir untuk meledani Teladan Santo Albertus :
Santo Albertus mengajarkan kepada kita untuk selalu mau peduli kepada sesama yang mengalami penderitaan, kita ikut menanggung kelemahan sesama kita saling mengasihi, saling memperhatikan terutama bagi keluarga kita masing-masing. Tetap saling asuh dan mengembangkan diri anak-anak kita.  Baru dilanjutkan Doa Spontan Umat oleh : pak Jito, ibu Agustin dan pak Petrus. Kemudian semua doa doa spontan disatukan dengan doa Bapa Kami, Doa Penutup dan Mohon Berkat pengutusan.











Semua rangkaian Ibadat ditutup dengan lagu penutup Tuhan Naungan Hidupku MB 378. Demikian laporan kegiatan doa renungan keempat Peringatan Syukur Santo Pelindung Paroki di lingkungan Santo Petrus 4 yang ditutup pukul 20.50 Wib. Sampai bertemu di kegiatan berikutnya. Tuhan memberkati. Amin 🙏

Penulis : Bpk Petrus Indra Gunawan & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online] Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "PERTEMUAN 4 DOA RENUNGAN PERINGATAN SYUKUR SANTO PELINDUNG PAROKI Lingkungan Santo Petrus 4"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel