iklan banner

Kunjungan Kasih ke Panti Lansia Atmabarata, Cilincing, Jakarta Utara

Lingkungan Yohanes 3 sering disebut dengan sebutan Lingkungan Yoga. Area wilayah lingkungan Yohanes 3 terletak di kawasan Perumahan Duta Bumi yang meliputi Sektor 1, Sektor 2 dan Sektor 3.  Pada hari Minggu tanggal 15 Januari, 2023 yang lalu telah mengadakan kegiatan kunjungan kasih ke Panti Lansia Atmabarata Cilincing.

Umat Yoga yang hadir ada 20 orang, jumlah peserta dibatasi hal ini sesuai dengan standart prokes panti bahwa maksimal hanya 20 orang yang bisa berkunjung. Transportasi dengan menggunakan kendaraan 4 unit dimana umat sharing tranportasi bersama umat lainnya yang membawa kendaraan. Terkait dengan kendaraan juga dibatasi hanya max 4 kendaraan menimbang terbatasnya area parkir di rumah lansia.

Kebersamaan umat Yoga berangkat dari komplek Duta Bumi, berkumpul depan Indomaret Duta Bumi jam 10.00 tepat dan direncanakn akan tiba di Panti jam 10.30. Realita perjalanan  sesuai schedule acara. Perjalanan cukup dekat hanya menempuh waktu 30 menit jarak 17 Km menyusur jalan pinggir Banjir Kanal Timur (BKT) ke arah Marunda dan kemudian ke arah Cilincing dimana lokasi Panti Lansia itu berada.

Kondisi jalan sangat lengang mungkin karena ini hari Minggu. Perjalanan menyusur jalan BKT dengan kondisi jalan yang tidak begitu rata lagi namun masih cukup nyaman sembari melihat kondisi air BKT yang mulai terlihat semakin tinggi dan tidak jernih. Sementara itu juga terlihat beberapa pemancing sedang beraktifitas dan beberapa penjual ikan ada yang menjajakan ikan hasil pancingan.

Selain umat Yoga yang menggunakan kendaaran penumpang bersama, kami juga di support 1 kendaraan blindvan yang memang khusus mambawa barang yang berupa sembako bantuan dan konsumsi untuk acara bersama lansia. Sangat menggembirakan partisipasi umat Yoga saat mulai mengumpukan sembako untuk panti yang berupa beras, minyak, sabun cuci, mandi, pampers dewasa dan beberapa kebutuhan panti lainya hingga pada hari H pelaksanaan acara ini. Puji Tuhan telah terkumpul pula partisipasi umat dalam bentuk uang cash yang terkumpul sekitar 6 jutaan. Sebuah partispasi dan murah hati yang membanggakan dalam berbagi kasih dengan sesama.

Rombongan umat Yoga tiba di sekretariat Panti Lansia sekitar jam 10.30 dan disambut ibu Wanti yang menjadi PIC kegiatan dalam mempersipakan kegiatan ini dari mulai kontak mencari info tentang panti sampai dengan mengatur waktu kunjungan dan profile panti. Selanjutnya kami diantar oleh Ibu Wanti menuju rumah lansia 2 yang lokasinya tidak jauh dari kantor sekretariat.  Panti Lansia Atmabrata terbagi ke beberapa rumah. Rombongan umat Yoga diarahkan ke Rumah Lansia 2. Di rumah Lansia 2 disambut dengan ramah oleh suster Marchela dan frater Francisco dan beberapa pengasuh. Sesampainya diruang serbaguna rombongan sudah di tunggu oleh oma dan opa warga panti yang berseragam orange dengan sangat ceria dan terlihat sangat senang melihat kedatangan kami. Oma dan opa yang berada di panti ini berasal dari berbagi kota di Indonesia salah satunya ada yang dari Nusa Tenggara Timur.



Tidak berlama lama kami segera memulai acara karena waktu sangat pendek dan jadwal oma dan Opa juga sudah terjadwal setiap harinya. Acara di buka oleh Bruder Petrus Partono, PSS  dilanjutkan dengan doa pembuka oleh Bruder. Oma dan Opa warga panti bukan hanya umat Katolik namun ada juga yang umat muslim sehingga doa pembuka pun untuk yang muslim menggunakan caranya masing-masing. Total Lansia di berada di panti Atmabrata 51 orang yang terbagi di beberpa rumah namun dalam acara ini di Rumah Lansia 2 hanya sekitar 20 Oma dan Opa yang hadir. Setelah doa pembuka dan Bruder memberikan sedikat tentang Atmabrata acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua Lingkungan Yohanes 3 Bapak Adhi Purwoko dengan penyerahan secara sombolis bantuan sembako dan dana sosial dari umat Yoga. 

Acara semakin meriah dengan nyanyi bersama-sama dengan oma dan opa yang dipandu oleh Ibu Rita Sarosa. Kebersamaan selanjutnya adalah makan siang bersama dan ramah tamah, ngobrol bersama oma dan opa yang didahului dengan doa makan dipimpin oleh Ketua OMK Lingkungan Yohanes, Giovani.  Di acara makan bersama dan ramah tamah terlihat sangat akrab sekali antara oma dan opa seolah kami semua adalah memang keluarga. Terlihat beberapa oma yang terlihat kolokan melihat kami datang dimana saat makan minta disuapin padahal keseharian biasa makan sendiri info dari pengasuh. Oma merasa senang seolah disuapin oleh cucu atau anaknya . Ada oma yang lain juga terlihat ingin selalu di foto dan ingin selalu di peluk sampai kami pulang pun tidak mau lepas pelukan. Kegiatan ditutup dengan acara foto bersama umat Yoga dengan oma dan opa dan pengurus serta pengasuh panti. Tepat jam 12.00 kami pun telah menyelesikan acara dan oma dan opa kembali untuk istirahat sesuai jadwal tiap hari.

Kunjungan Kasih ini bisa mewujudkan persaudaran dan kerbersamaan umat Yoga. Dengan kami berbagi kasih dan suka cita dengan sesama yang membutuhkan, tentunya hal ini juga untuk mewujudkan kesejahteraan bersama sesuai misi KAJ untuk tahun 2023 yaitu TAHUN KESEJAHTERAAN BERSAMA.

Demikian sekilas info kunjungan kasih yang telah dilaksanakan oleh Lingkungan Yohanes 3 semoga dapat menginspirasi dan menyemangati lingkungan lain.


Penulis : Adhi Purwoko & Publisher : Hery WW - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Kunjungan Kasih ke Panti Lansia Atmabarata, Cilincing, Jakarta Utara"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel