iklan banner

Pertemuan Kedua BKSN di Lingkungan Arcadius V

Pertemuan kedua BKSN di Lingkungan Arcadius V diadakan pada Hari Minggu, 17 September 2023, pukul 19.30 s/d selesai, bertempat di rumah bapak Syarial / Bu Angela Blok PR 18, dihadiri oleh 13 umat, dengan fasilitator Bp Andreas Tantri

Pertemuan kedua dengan tema Kasih Allah Menggerakkan Pertobatan. Kisah nabi Yunus dalam kitab Yunus bab 4 bertemakan pertobatan karena nabi Yunus tidak setuju dengan sifat Allah yang penuh kasih, rela mengampuni pendosa yang bertobat. Yunus berpendapat semestinya Allah menghukum orang yang berdosa kepada Allah.

Diawali dengan lagu Pembuka Ku Gembira Kau Berkata, dilanjutkan dengan Pengantar dan Doa Pembuka. Dilanjutkan bacaan kitab Yunus 4: 1-11 yang dibacakan bergantian, ayat ganjil dibacakan kaum pria dan ayat genap dibacakan kaum wanita

Diceritakan bahwa Yunus mati didalam perut ikan paus, 3 hari kemudian dimuntahkan oleh ikan paus dan Yunus hidup kembali. Yunus nabi kecil, di gereja ada ditunjukkan tanda2 Yunus, seperti Anak Manusia mati didalam perut bumi dan 3 hari kemudian hidup.

Yunus sangat gusar dan marah karena Allah membatalkan hukuman dimana dalam 40 hari bangsa Niniwe bertobat. Permintaan Yunus mati karena pengampunan Allah kepada Niniwe dan kemarahan Yunus telah menguasai dirinya. Yunus marah & pergi keluar kota.

Tuhan ingin yunus berefleksi, Allah ingin Yunus bertobat, 
Tanda Allah adalah sabar dan penyayang, Allah menumbuhkan pohon jarak dan ulat yang menggerogoti pohon jarak. Yunus marah lagi karena pohon jarak layu, refleksi kenapa harus marah? pohon jarak bukan Yunus yang menumbuhkan. Niniwe sudah bertobat, marahnya Yunus terus menerus. Tuhan tidak jemu2 memperlihatkan kasih sayang kepada yunus.
 
Pertanyaan refleksi :

    Dalam perjalanan hidup ada kondisi gembira seperti mendapat rejeki, mendapat kesehatan sebagaimana simbol pohon jarak, tiba2 kita kena covid, kematian keluarga, kehilangan pekerjaan, kita marah, kecewa
    Apa yang kita terima, apa yang dikehendaki Tuhan terhadap apa yang sudah kita terima.

Dalam menanggapi kesulitan hidup maka kita harus bertobat, menerima kesulitan & tantangan yang adalah yang diinginkan  Allah. Allah mau ambil itu pasti ada maksudnya yakni supaya kita merefleksi, kenapa kita harus marah.

Problematika Yunus seperti kita juga, yang suka lari dari Allah, protes ke Allah.
Kita harus selalu bersyukur dalam kondisi apapun.

Aksi nyata
  1. Kita harus belajar terus untuk mengampuni, mengasihi orang sekitar
  2. Refleksi terhadap diri sendiri
 







Dilanjutkan dengan Doa umat spontan, Doa penutup, Berkat dan pengutusan, dan diakhiri dengan Lagu penutup Hai Umat, Pujilah Bapa.

Tuhan memberkati 🙏

Penulis : Agnes Evelyne.& Publisher : F.X Rudy. - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan Kedua BKSN di Lingkungan Arcadius V"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel