Mewujudkan Rancanga

12 Januari 2020                                                                                                                   Pesta Pembaptisan Tuhan

“Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah” (Mat 3:15)

“Mewujudkan Rancangan”
  


Selama menemani ibu sakit, terasa merangkak pemahaman terbalik di benakku. Bukan aku yang mau dan sedang menemani ibu, tetapi ibulah yang mau dan sedang menemani diriku. Tatkala pemahaman ini terpancar kuat, setiap kali mau menemani ibu, aku sebenarnya mau ditemani ibu. Kenangan masa lalu bersama dengan ibu begitu kental. Aku senantiasa ditemani ibu.

Peristiwa pembaptisan Yesus di Sungai Yordan merupakan peristiwa keselamatan. Saat itu merupakan pernyataan nyata dari pemenuhan rancangan ilahi bahwa Allah akan senantiasa menemani hidup manusiawi. Solidaritas ilahi itu bukan sekadar Allah merasuki hidup manusiawi, tetapi sungguh meringankan, bahkan menyelamatkan hidup manusiawi yang sangat terpuruk. Baptisan Yohanes merupakan baptisan pertobatan orang berdosa. Namun baptisan Yohanes pada Yesus merupakan peristiwa keselamatan yang dirancang dan dipenuhi sendiri oleh Allah.

Menelisik dua peristiwa itu, rasaku perjalanan hidup ini penuh dengan dinamika ilahi. Sadar atau tidak sadar, umat beriman berjalan bersama dengan Allah. Solidaritas hidup ilahi tidak lagi sekadar persahabatan atau bergandengan tangan, tetapi sungguh menjalani hidup bersama. Tatkala hidup umat manusia terpuruk, Allah segera menolong. KeberadaanNya tidak sekadar menemani, tetapi sungguh menyelamatkan hidup umat manusia.


Maka, tatkala dikatakan sebagai “menggenapkan seluruh kehendak Allah” (Mat 3:15), pembaptisan Yesus merupakan peristiwa keselamatan seluruh hidup umat manusia. Baptisan pertobatan Yohanes terhadap Yesus, yang disertai dengan seruan ilahi, menjadi tanda nyata solidaritas Allah terhadap hidup umat manusia. Rancangan ilahi terwujud dalam peristiwa ini. Amin.

By Slamet Harnoto - Tim PARPOL  [ Partisipan Pelayan Online ]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Mewujudkan Rancanga"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel