iklan banner

TEMA APP 2022 SEMAKIN MENGASIHI, PEDULI, DAN BERSAKSI - APP LINGKUNGAN ARCADIUS 1 : PERAN GEREJA DALAM BIDANG PERLINDUNGAN SOSIAL

Pada Sabtu, 19 Maret 2022 telah dilaksanakan pertemuan APP ketiga umat di lingkungan Arcadius 1. Pertemuan dilaksanakan secara daring pada pukul 20.00 yang dipimpin oleh Ibu Clara Marwanti. Pertemuan dibuka oleh ..., doa pembuka oleh Bapak Setiawan, pembaca Bacaan Kitab Suci, bacaan Kitab Injil dari Markus 8: 1-10 Yesus memberi makan empat ribu orang yang dibaca oleh Jasmine Sekar, dan doa penutup oleh Ibu Christine Marsudi

Dalam pertemuan APP yang ketiga ini berangkat dari pengalaman nyata tentang kehidupan :
Kisah 1    : Keluarga Ilma Hanya Bisa Membuat Tepung Goreng untuk santapan sehari hari  dibacakan oleh Ibu Yashinta
Kisah 2    : Kota Jakarta Masih Dijamuri Rumah Tak Layak Huni dibacakan oleh Ibu Angela
Kisah 3    : Keluarga Pinggir Rel Manggarai Berjuang Hanya untuk Makan Anak dibacakan oleh Ibu Carolin
Kisah 4    : Penderitaan Berlapis Warga Miskin Jakarta dibacakan oleh ibu Cathrine Cahyadi 
Kisah 5    : Manusia Silver Semakin Banyak Di Masa Pandemi dibacakan oleh ibu Ros pIta

Dari kelima kisah tersebut umat yang hadir mulai bersharing dan diberi peneguhan yaitu :
  1. Gereja Katolik mengajak umatnya untuk menyadari kewajibannya dalam memajukan keadilan sosial ekonomi terutama bagi orang yang kecil, lemah, miskin, terpinggirkan, dan disabilitas (KLMTD) (bdk. Kan. 222 § 2). Dengan demikian, Negara dan Gereja Katolik mempunyai kewajiban yang sejalan dalam memberikan bantuan kepada warga masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan. 
  2. Dalam pertemuan ketiga ini kita akan menyadari situasi keluarga dan orang-orang di sekitar kita, sambil menemukan kekuatan-kekuatan positif yang ada dalam Gereja kita, dan memaksimalkan kekuatan itu menjadi sebuah gerakan bela rasa yang konkret.
Tidak lupa umat yang hadir dalam pertemuan virtual APP kedua sebanyak 11 orang ini mendoakan doa umat secara spontan yang intinya mendoakan agar Allah senantiasa memberikan kesehatan kepada seluruh umat manusia dan virus covid 19 segera berlalu.
Akhirnya umat membuat komitmen untuk :
  • Pilih 5 orang di lingkungan kita yang mengalami kesulitan paling berat dalam kehidupan mereka saat ini. Orang yang dipilih itu, misalnya: petugas security, anak yatim piatu, petugas kebersihan, pemulung, pedagang keliling, ojek, dsb. 
  • Apakah yang bisa kita bantu untuk meringankan kesulitan mereka ? Silakan umat mengadakan survei sederhana terhadap 5 orang itu, lalu lakukan aksi nyata. 
  • Usahakan memberikan bantuan yang bersifat “pancing” (berdampak berkelanjutan) daripada yang langsung bersifat “ikan” (berdampak jangka pendek).















Pertemuan diakhiri dengan berkat oleh Bapak Theo Hari dan lagu penutup “Santo Yusup Doakan kami” karena kebetulan hari ini adalah peringatan Santo Yusup suami Maria pada pukul 21.30 Wib. Tuhan memberkati. Amin 🙏

Penulis : Bpk Theo Hari & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "TEMA APP 2022 SEMAKIN MENGASIHI, PEDULI, DAN BERSAKSI - APP LINGKUNGAN ARCADIUS 1 : PERAN GEREJA DALAM BIDANG PERLINDUNGAN SOSIAL"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel