iklan banner

PERTEMUAN APP 3 2022 SECARA VIRTUAL LINGKUNGAN SANTO PETRUS 4

Pertemuan APP 3 secara virtual dilaksanakan pada hari Sabtu 26 Maret 2022. Acara baru di mulai pukul 19.50 Wib yang di buka kata pembuka oleh bapak Petrus mewakili ibu Ely yang berhalangan hadir. Acara baru dimulai jam tersebut di atas karena menunggu umat untuk bergabung di zoom, dan selanjutnya acara dibawakan oleh fasilitator yaitu bapak Albert. Acara dibuka dengan lagu pembuka "Hanya Debulah Aku" yang dishare oleh ibu Agustin. Tema untuk pertemuan APP 3 adalah Peran Gereja Dalam Bidang Pelindungan Sosial. Sebelum acara ibadat dimulai Fasilitator membuka dengan kata pengantar sebagai berikut:
Perlindungan Sosial adalah bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada warga negara yang belum mampu memenuhi sendiri kebutuhan dasarnya, khususnya di bidang pangan, sandang, perumahan, pendidikan dan kesehatan.

Gereja Katolik mengajak umatnya untuk menyadari kewajiban dalam memajukan keadilan sosial ekonomi, terutama bagi orang yang KLMTD.
Dengan demikian negara dan gereja Katolik mempunyai kewajiban yang sejalan dalam memberikan bantuan kepada warga masyarakat yang miskin dan rentan.

Urutan Acara ibadat seperti biasa yaitu Tanda Salib dan Salam, Kata Pengantar, Doa Pembuka. Untuk bahan sharing dan pendalaman, Fasilitator membacakan Kisah Bermakna yang dapat memberi inspirasi kepada umat dengan judul "Keluarga Ilma Hanya Bisa Membuat Tepung Goreng Untuk  Santapan Sehari-hari".
Dan fasilitator juga menambahkan kisah yang ada di sekitar kita yaitu maraknya manusia silver, tukang jualan balon yang bertuliskan harga seikhlasnya, manusia berpakaian robot yang ada di jalan-jalan.
Habis dibacakan kisah bermakna Fasilitator mengajak umat untuk sharing dengan cara memberikan 2 pertanyaan :
 -Hal apa yang menarik perhatian dan menyentuh hati anda? Menurut anda, apa yang menyebabkan kondisi itu bisa terjadi?
- Apa yang bisa dilakukan untuk dapat menolong keluarga yang mengalami kesulitan? 
Sharing pembuka yang pertama dari pak Albert : menjawab pertanyaan hal apa yang menarik perhatian dan menyentuh yaitu rasa kasihan dan iba dengan cara memberi uang seikhlasnya, tetapi dengan cara memberi secara terus menerus juga tidak menyelesaikan masalah tetapi kita juga harus mempunyai ide bagaimana untuk merubahnya.
Sharing kedua oleh pak Danang : pengalaman ketika masih bekerja di perusahaan, ada program CSR dari perusahaan yang memberikan bantuan kepada yang membutuhkan dengan mengadakan pelatihan misalnys service AC, kemudian dari situ bisa diperdayakan untuk digilir membersihkan AC sehingga akan mendapat tambahan penghasilan. Selain itu juga berbelanja ke pedagang kecil dan bisa memberikan tip ke ojek online seperti gofood.
Sharing ketiga oleh ibu Agustin: pengalaman di organisasi WK, ada program PPUK untuk memberikan pinjaman usaha kecil untuk umum dengan memberikan pinjaman dana tanpa bunga.
Dan terakhir sharing keempat dari pak Sugi : Kalau di lingkup gereja mungkin belum terlibat tetapi dari sisi pekerjaan ada yang namanya TRI DARMA, disini pak Sugi mengamalkan atau melaksanakan Tri Darma yang ke 3 yaitu Pengabdian Pada Masyarakat dengan melakukan pendampingan dan pelatihan untuk UMKM.
Dan fasilitator menyampaikan kalau di lingkungan Santo Petrus 4 sudah berjalan dengan baik dengan adanya Baksos secara rutin dan pada dasarnya umat kita turut peduli.                          
Pertemuan APP 3 ada 2 Bacaan kitab suci yang dibacakan, yang pertama diambil dari Kitab Markus 8: 1-10 "Yesus memberi makan empat ribu orang" yang dibacakan oleh ibu Henny. 
Dan yang kedua dari Kitab Markus 14: 3-9 "Yesus diurapi" dibacakan oleh pak Albert sendiri sebagai fasilitator.

Setelah itu baru dilanjutkan Doa Umat oleh pak Albert, doa secara spontan oleh pak Petrus dan pak Sugi. Dan doa tersebut di satukan dengan doa Bapa Kami, Doa Penutup dan Perutusan mohon berkat Tuhan. Lagu Penutup Theme Song Ardas Kaj 2022-2006 (Mengasihi, Peduli, dan Bersaksi) yang dishare oleh ibu Agustin.
Setelah itu baru diadakan ramah tamah dan pengocokan arisan yang ke 13. Dan yang mendapat arisan malam ini adalah ibu Vera dan oma Yance.















Demikian laporan kegiatan Pertemuan APP 3 dan Arisan Keluarga yang ke 13 di lingkungan Santo Petrus 4 secara virtual yang ditutup pada pukul 20.45 wib yang dihadiri 15 participant dengan jumlah 19 umat. Berkah Dalem.🙏


Penulis : Bpk Petrus Indra Gunawan  & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "PERTEMUAN APP 3 2022 SECARA VIRTUAL LINGKUNGAN SANTO PETRUS 4"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel