iklan banner

Pertemuan APP 1 di Lingkungan Arcadius V

APP 1 "Peran Gereja Dalam Pendidikan" di lingkungan Arcadius V dilaksanakan pada hari minggu, 6 Maret 2022,  pukul 20:00 WIB, dam dihadiri 12 participant. Pertemuan APP 1 ini difasilitator oleh Bapak Theo Hari 

Sebelum dimulai, Pak Theo mengajak peserta melakukan gerakan yang dipadu dengan penuh konsentrasi, kemudian dilanjutkan penjelasan arah dasar Keuskupan Agung Jakarta: Tahun Penghormatan Martabat Manusia, beserta logo dan artinya tiap warna dan gambarnya

Aksi Puasa Pembangunan 2022 mengambil tema Semakin Mengasihi, Peduli, dan Bersaksi dimana di akhir setiap perayaan Ekaristi, kita diminta untuk berbuat sesuatu untuk semua orang. Maka dalam APP 1 kita diajak berperan dalam Pendidikan. 

APP 1 diawali dengan lagu Pembukaan Kita Sebagai Gereja, dilanjutkan kata pengantar, diingatkan bahwa manusia diciptakan dengan tujuan khusus, diciptakan berbeda dengan yang lain, yakin punya martabat yang luhur, maka untuk mewujudkan martabat perlu pendidikan. Dilanjutkan Doa Pembukaan dan Kisah Bermakna, yaitu  "Vina anak yang terancam putus sekolah", dilanjutkan dengan sharing jika kondisi Vina terjadi di diri kita. 

Kemudian umat diajak membangun komitmen  dan aksi nyata. seperti 
  1. Memberi pertolongan kepada yang butuh untuk pendidikan anak dengan menyumbangkan HP atau lap top yang masih layak pakai untuk diberikan kepada anak-anak yang belajar jarak jauh
  2. Anak-anak yang terkendala pendidikan dibantu lingkungan
  3. Menjadi orang tua asuh dalam program Ayo Sekolah Ayo Kuliah ASAK yang dicanangkan keuskupan maupun paroki
  4. Pemerintah memberikan bantuan paket internet, mengubah pademi menjadi edemi sehingga pendidikan bisa normal berjalan 

Bacaan kitab suci dari kitab Sirakh 30 : 2, 4, 5, 13, yang dibacakan oleh ibu Nelly, dimana dalam bacaan tersebut dinyatakan pendidikan adalah tugas pertama dan utama dari orang tua, kesuksesan mengangkat martabat keluarga dari pendidikan. Dengan Pendidikan, seseorang bisa lebih mengenal Allah. 

Acara dilanjutkan dengan doa umat, doa Bapa Kami, diakhiri dengan Doa penutup, Berkat dan perutusan. Ibadah APP, ditutup dengan lagu penutup Kita sebagai Gereja.














Demikian ibadah APP 1 berjalan lancar.
Diharapkan umat bisa ikut ibadah APP 2 selanjutnya.

Penulis : Agnes Evelyne & Publisher : FX Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan APP 1 di Lingkungan Arcadius V"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel