Tuhan Datang! Siap atau Tidak?

Tuhan Datang! Siap atau Tidak? (Lukas 17: 26-37)

"Datanglah Tuhan, datanglah 3x.. Oh Tuhan datanglah!" Syair lagu dalam masa adven ini sudah sering kita nyanyikan. Kalimat lagu ini mengungkapkan penantian dan kerinduan kita akan kedatangan Tuhan. Akan tetapi pertanyaannya apakah semua orang Katolik saat ini sedang menanti hadirnya Tuhan dengan penuh rasa rindu? Lalu, bukankah orang-orang beriman zaman ini masih cenderung sibuk mengurus dunianya sendiri dan belum mau berpikir tentang akhir dunia atau akhir hidupnya? Pertanyaan ini hendaknya menjadi bahan yang patut direnungkan sekarang dan tidak perlu menunggu mumpung masih ada waktu.

Sebab, melalui injil hari ini, Tuhan Yesus telah menegaskan bahwa akhir zaman yang adalah akhir dari hidup kita, akan datang seperti pencuri di malam hari. Karena itu entahkah kita siap atau tidak, Tuhan akan tetap datang dan menjemput kita dari dunia ini.

Satu pesan Tuhan yang perlu serius ditaati oleh kita adalah berjaga-jagalah senantiasa. Sebab sama seperti datangnya air bah pada zaman Nuh, atau turunnya hujan api dan belerang ke atas kota Sodom dan Gomora di masa Lot, Tuhan pun akan datang secara tak terduga untuk mengambil hidup kita dari dunia ini.

Karena itu, tetaplah berjaga-jaga sambil terus berbuat baik untuk Tuhan sesama di dalam masyarakat dan gereja. Sehingga bila Tuhan datang, segala pertanggungjawaban kita telah siap.
 
Salam Dalam Sang Sabda.
P. Antonius Ebo Resi, SVD
 
Previous
Next Post »