Datang dan Percayalah!

RENUNGAN MINGGUAN AGUSTUS 2018 
5 Agustus 2018 HARI MINGGU BIASA XVIII 

“Kata Yesus kepada mereka: "Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi" (Yoh 6:35) 
Datang dan Percayalah! 

Fenomena mengesankan bagiku: leleku mati karena kekenyangan! Tatkala kutemukan kematian lele karena sifat rakus, aku terpana akan kehidupan sosialku. Kerakusan begitu tampak di dalam kehidupan lele, sama seperti kehidupanku. Lele tidak segan-segan memangsa sesamanya, ... seperti dalam kehidupanku. Kerakusan lele berujung pada kematiannya, meski masih berusia muda, ... seperti dalam kehidupanku. 

Kitab Keluaran mengungkapkan bagaimana Bangsa Israel menyesali telah mengikuti kehendak Allah, sekalipun membebaskan mereka dari perbudakan di Mesir. Mereka memilih dihinakan daripada mengembara di padang gurun dalam kelaparan. Mereka memilih makan daging, kenyang, meski hidup mereka direndahkan sebagai budak. Antara kisah padang gurun ini dengan kisah Yesus ribuan tahun jarak waktunya. Namun situasinya menunjukkan hal yang sama: makanan! Orang berbondong-bondong mengikuti Yesus karena “makanan!” Tersembunyi di balik fenomena ini adalah kerakusan yang luar biasa. Orang tidak segan-segan mengorbankan sesamanya demi perutnya sendiri. Orang tidak segan-segan mengorbankan sesamanya demi ketenaran, harga diri, kekuasaan, dan .... 


Yesus mengingatkan agar orang tidak hanya mengejar makanan yang membawa pada kebinasaan. Orang janganlah bekerja semata-mata demi sesuatu yang membinasakan. Orang diingatkan agar bekerja demi hal-hal yang abadi. Itu berarti demi kehidupan kekal bukan kebinasaan. Sebagaimana perjalanan Bangsa Israel, demikian pula perjalanan dalam kisah Yesus, bekerjalah dan makanlah demi Allah yang memberikan makanan untuk hidup abadi (cf. Yoh 6:27). 

Oleh karena itu, Paulus mengingatkan agar menanggalkan manusia lama yang diwarnai hawa nafsu (kerakusan) dengan mengenakan manusia baru (lih. Ef 4:22.24). Manusia lama yang penuh kekhawatiran akan kebutuhan-kebutuhan hidup haruslah ditanggalkan, karena Allah telah menganugerahkan “Makanan” yang memenuhi segalanya untuk hidup. Maukah kita datang dan percaya kepada Anak Manusia agar tidak lapar dan haus lagi? Kerakusan hanya akan membawa kebinasaan. Tetapi datang dan percaya kepada Anak Manusia akan membawa kepada keabadian hidup. Yakinlah!

By Slamet Harnoto

0 Response to "Datang dan Percayalah! "

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel