Kebahagiaan Ilahi

20 Januari 2019 Minggu Biasa II

“... seperti girang hatinya seorang mempelai melihat pengantin perempuan, demikianlah Allahmu akan girang hati atasmu” (Yes 62:5)

Kebahagiaan Ilahi


Satu hal mistis yang penting untuk direnungkan adalah bahwa Allah adalah mempelai laki-laki bagi umat manusia! Kesadaran mistis ini perlu dibangun di tengah jemaat beriman, tidak sekadar individu-individu beriman. Kebersamaan hidup umat beriman haruslah dikembangkan demi Sang Mempelai.

Kecantikan mempelai perempuan tentulah sangat memesonakan mempelai laki-laki. Kecantikan jemaat beriman tampak tatkala orang per orang menyadari berbagai karunia yang diberikan Allah demi kebersamaan hidup, bukan untuk kepentingan individual semata. Paulus mengingatkan jemaat di Korintus akan hal ini. Kesadaran akan Allah yang satu dan sama yang menganugerahkan berbagai karunia bagi dan demi jemaat perlu dikedepankan. Karunia ilahi tidak boleh menjadikan umat beriman membusungkan dadanya. Hal ini hanya akan membawa kepada perseteruan di tengah jemaat. Perseteruan hanya merusak kecantikan paras jemaat.

Maka, kegirangan ilahi akan terpancar pula pada wajah mempelai perempuan, yakni jemaat. Dengan mengubah air menjadi anggur, Yesus mempertahankan kegirangan di dalam kehidupan umat manusia. Tanda kehadiran ilahi itu memancarkan keagungan betapa Allah sungguh memerhatikan pesona mempelainya. Pernahkah Anda merenungkan bahwa Allah mengubah pesona hidup Anda? Pernahkah Anda merenungkan bahwa Allah telah mengubah pesona jemaat Anda?


Biarlah Allah sendiri yang menjaga agar anggur kehidupan jemaat tetap enak dirasakan oleh sesama dalam perjalanan hidup ini. Sebagaimana Bunda Maria perintahkan, baiklah umat beriman menuruti segala perintahNya. Bukankah demikian?

---
By Tim - Partisipan Pelayan On Line (PARPOL)

0 Response to "Kebahagiaan Ilahi"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel