Penyertaan Allah

13 Januari 2019 Pesta Pembaptisan Tuhan
                                                                                                                                                       
“... Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai iblis, sebab Allah menyertai Dia” (Kis 10:38)

Penyertaan Allah



Pada suatu titik waktu, aku mengalami ketakutan luar biasa terhadap kehadiran orang yang belum aku kenal. Saat itu aku hendak pulang ke Jawa dari Bogor. Aku tidak berani. Aku mengajak keponakan ipar untuk menemani perjalananku pulang. Dia hanya menemaniku. Segala kebutuhanku di perjalanan sungguh aku penuhi sendiri.

Peristiwa pembaptisan Yesus merupakan pernyataan jelas bagiku akan penyertaan ilahi dalam hidupku. Dia tidak sekadar memberikan rasa aman padaku, atau membangkitkan keberanian dalam diriku. Ia sungguh menjamin keselamatan perjalanan hidupku. Dia senantiasa mengingatkanku akan tujuan perjalananku. Ia menjagaku. Ia menyadarkanku akan realitas hidup bukanlah mimpi tanpa jejak kaki di tanah.

Peristiwa pembaptisan di Sungai Yordan itu merupakan solidaritas nyata Allah pada hidup umat manusia. Solidaritas itu tidak sekadar ucapan turut berdukacita saat seorang anak manusia ditinggalkan oleh yang dikasihinya. Solidaritas itu tidaklah sekadar menemani dalam sukaduka hidup umat manusia. Solidaritas itu mewujud dalam tindakan konkret Allah dalam hidup umat manusia.

Ia dibaptis dalam baptisan orang berdosa, tidaklah berarti Ia berdosa, tetapi disamakan dengan mereka yang berdosa. Peristiwa ini mengungkapkan tindakan Allah yang menyembuhkan cacat cela hidup manusia di hadapan Allah. Penyembuhan itu nyata dalam karya Yesus sesudah peristiwa pembaptisan itu. Petrus merupakan saksi akan hal ini. Sama seperti Bapa-Bapa Gereja memerhatikan peristiwa di Sungai Yordan, baik kiranya dicermati bahwa peristiwa itu merupakan penyucian hidup umat manusia. Hidup umat manusia dikembalikan kepada kodratnya: kebersamaan dengan Allah.


Selamat merenung! 

---
By Tim - Partisipan Pelayan On Line (PARPOL)

0 Response to "Penyertaan Allah"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel