Pertemuan V - Go Kitab Suci (Go Kil) bulan Juni 2019 Lingkungan Felisitas 2

“Sumber Hikmat Bagi Semua Orang Percaya”

Salam Sejahtera selalu, sesuai materi dari KAJ acara Go Kil bulan Juni 2019 di Lingkungan Felisitas 2 dilaksanakan pada hari Minggu, 23 Juni 2019 di kediaman Bp. Joko Rismanto/Ibu Dewi di Asera One South 1S7 No.12. Acara dipandu oleh Bp. Theodorus HR dan disupport oleh beberapa umat sehingga suasana diskusi lebih hidup, pertemuan Go Kil kali ini dihadiri oleh 22 orang umat.


Seperti yang sudah dicanangkan Bapak Uskup dalam Arah Dasar KAJ 2019 dengan tema “Amalkan Pancasila : Kita Berhikmat Bangsa Bermartabat” bahan pertemuan kali ini dalam kerangka “Menjadi Pribadi yang Berhikmat”. Dan pada pertemuan kali ini bertepatan dengan Hari Raya Pentakosta yaitu peringatan Roh Kudus turun atas Para Rasul. Hari Raya Pentakosta dirayakan 50 hari setelah Hari Raya Paskah dan 10 hari setelah Hari Raya Yesus Naik Ke Surga.


Bacaan pada pertemuan kali ini diambil dari Injil Yohanes 14 : 15-16 dan 23b – 26 dimana Yesus menjanjikan kepada murid-murid-Nya bahwa semua orang percaya akan dipenuhi oleh Roh Kudus pada hari Pentakosta. Gambaran murid Yesus yang berhikmat adalah :

1. Orang yang mengasihi Tuhan
Mengasihi Tuhan lahir dari sebuah relasi yang dalam,teratur dan terukur melalui komunikasi dua arah yang intensif sehingga kita mampu mengetahui Pikiran-Nya, mengenal Pribadi-Nya dan memahami apa yang menjadi kehendak-Nya. Tip mengasihi Tuhan bisa kita lakukan dalam 3 hal, yaitu :


a.  Mengasihi Tuhan dengan Segenap Hati artinya tidak ada paksaan dan bukan merupakan tradisi namun dengan TULUS karena inilah sebenarnya ibadah yang sejati.
b.  Melakukan Tugas dari Tuhan artinya mengasihi Tuhan sesungguhnya tidak hanya mendengarkan Firman-Nya dan melakukan Firman-Nya tetapi juga harus meneruskannya kepada orang lain, seperti membimbing anak-anak untuk mengasihi Tuhan dengan setia merupakan manifestasi kasih kepada Tuhan.
c.  Komitmen untuk setia kepada Tuhan artinya mengasihi Tuhan dan melakukan tugas-Nya adalah tindakan yang baik, akan tetapi akan menjadi sia-sia jika kita tidak SETIA.

2. Orang yang menaati Sabda Tuhan

Orang yang mengasihi Tuhan bukan saja mengetahui pikiran dan kehendak-Nya tetapi juga akan menikmatinya sebagai santapan rohaninya setiap hari, merenungkan dan melaksanakannya adalah kesukaan jiwanya, menjadi pelita bagi kakinya dan terang bagi jalannya.

3. Orang yang dipimpin oleh hikmat Roh Kudus

Yesus menyebut Roh Kudus sebagai penolong yaitu Roh Kebenaran karena Dia adalah Roh Yesus yang adalah Kebenaran itu. Dengan demikian Dia bersaksi tentang kebenaran, menerangkan tentang kebenaran, menyingkapkan hal-hal yang tidak benar dan menuntun orang untuk percaya ke dalam seluruh kebenaran.

Dalam sesi sharing dan diskusi, umat juga menyampaikan pengalaman-pengalaman pribadi. Seperti wujud nyata kasih kita kepada-Nya yaitu rela berkorban dan peka dengan kondisi sekitarnya, 3 unsur penting dalam wujud nyata sebuah “kasih” adalah spontanitas, universal dan nyata. Kesaksian iman membutuhkan 3 hal yaitu kata,hati dan tangan untuk melakukan pekerjaan Tuhan.


Sedangkan tantangan untuk memegang sabda Tuhan intinya adalah “YAKIN” contohnya adalah berani berubah sepertihalnya  murid-murid Yesus yang mau menjadi penjala manusia dari sebelumnya menjadi penjala ikan, ada juga contoh lain yaitu masalah sindrom minoritas dimana kita terkadang tidak “berani” menunjukkan identitas iman kita sebenarnya dengan berdoa saat makan di tempat umum. Terkadang kita sendiri belum siap menjadi seperti Lilin yang mampu menerangi gelapnya ruangan dan Garam yang sedikit tetapi mampu membuat gurih dan sedapnya masakan yang banyak.


Acara Gokil kali ini juga sekaligus ucapan syukur atas penerimaan komuni pertama anak-anak Felisitas 2 yaitu :
  • Felix Andersen (Felix) – anak dari Bp. Charles & Ibu Satinah (Alm)
  • Catherine Stella Priadi (Catherine) – anak dari  Bp. Roy Priadi & Ibu Diana
  • Kessy Anabel (Kessy) – anak dari Bp. Ferry Setiadharma & Ibu Yusni
  • Alexandria Ervina Kusuma Wardhani  (Alexa) – anak dari Bp. Joko Rismanto & Ibu Nunita Yuliana Dewi
  • Michelle Serafina Santoso (Michelle) – anak dari Bp. Ari Santoso dan Ibu Lidwina


Semoga anak-anak tersebut diatas senantiasa bertumbuh dalam Iman Katolik yang kuat dan Selamat kepada para orang tua yang sudah membimbing anak-anaknya untuk mengenal Tuhan Yesus. Demikian laporan singkat acara Go Kil di lingkungan Felisitas 2, semoga bisa menjadi informasi yang baik bagi Lingkungan lain.


By Theo Ryanto - Tim PARPOL  [ Partisipan Pelayan Online ]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan V - Go Kitab Suci (Go Kil) bulan Juni 2019 Lingkungan Felisitas 2"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel