iklan banner

Ziarah dan Rekoleksi Lingkungan Santo Arcadius 2 - Gereja Santo Albertus Agung, Paroki Harapan Indah


Setelah  kegiatan offline di lingkungan-lingkungan boleh kembali diadakan,  lingkungan St. Arcadius 2 mengajak seluruh warganya untuk menyegarkan iman dan membangun tali silaturahmi serta menjalin kembali rasa  kebersamaan di antara mereka. Di akhir masa liburan sekolah, tepatnya pada hari Sabtu, 16 Juli 2022 diadakan kegiatan Ziarek dengan tujuan Gua Maria Tebar Kamulyan di Subang, Jawa Barat. Gua Maria ini berada di kompleks Gereja Katolik Kristus Sang Penabur, Paroki Subang, Keuskupan Bandung.



Antusiasme warga lingkungan St. Arcadius 2 dalam mengikuti kegiatan perdana ini sangat luar biasa. Kegiatan ziarek kali ini 
diikuti oleh 55 orang peserta yang dibagi menjadi 2 bis. Pesertanya juga sangat beragam, dimulai dari yang paling junior, berusia 3 tahun sampai lansia berusia 78 tahun. Sungguh merupakan kebahagiaan tersendiri dapat mengumpulkan dan mengajak sedemikian banyak warga untuk bersama-sama menyirami kembali ladang iman mereka melalui ziarek dan rekoleksi ini.
 
Perjalanan dimulai pada pukul 06.00 WIB dengan titik kumpul di Jalan Alamanda Indah. Setibanya di tujuan, warga dapat langsung menuju Gua Maria untuk berdoa ( intensi pribadi masing-masing), memasang lilin dan sesi foto bersama Romo Yohanes Istimoer Bayu Ajie, romo Vikaris di Paroki Subang. Pada kesempatan ini diadakan pula kegiatan  rekoleksi bersama romo Bayu yang bersinergi dengan Frater Felix dalam pembahasan mengenai “Tradisi Suci Gereja  dan Alkitab”










Dalam penjelasan lebih lanjut , Frater Felix menceritakan tentang awal mula alkitab terbentuk, dari yang awalnya hanya berupa surat-surat yang dikumpulkan sejak tahun 100-an yang kemudian digabungkan  dalam bentuk bundel pada konsili di Hippo, Afrika, Surat pertama yang tertulis adalah 1 Tesalonika (tahun 54-59M, sekitar 50 tahun setelah Yesus bangkit). Kemudian Frater Felix juga membahas tentang tradisi suci dalam gereja Katolik, yaitu berbagai peristiwa yang dirayakan oleh Gereja Katolik tetapi tidak dituliskan dalam Kitab Suci, contohnya antara lain peristiwa Bunda Maria diangkat ke surga, keyakinan bahwa Bunda Maria tetap perawan, dan masih banyak yang lainnya. Tradisi suci ini merupakan pelengkap kitab suci dimana dasarnya adalah perkataan Yesus sendiri (2Tesalonika:15 “Berdirilah teguh pada ajaran yang kami sampaikan kepada kamu”). Masih banyak tanda yang dibuat Yesus yang tidak tercatat dalam kitab (Yoh 20:30) dan hal-hal yang diperbuat Yesus (Yoh 21:25). Jadi dapat disimpulkan bahwa apabila kita membaca kitab suci (sangat penting untuk dilakukan secara rutin), kita juga harus meyadari bahwa masih banyak ajaran lain yang tidak tercatat, terutama tentang hari raya atau peringatan-peringatan (tradisi suci); dimana semua itu kita yakini sebagai ajaran ataupun perkataan Yesus yang tidak tercatat.




Kegiatan selanjutnya adalah permainan yang dipimpin oleh anak-anak OMK St. Arcadius 2. Permainannya adalah  “Tebak Kata”. Seluruh peserta dibagi menjadi 4 kelompok yang masing-masing beranggotakan 10 orang. Tiap kelompok harus menebak kata yang diperagakan; orang pertama membaca soal kemudian diperagakan kepada orang didepannya, dilanjutkan ke teman di depannya sampai ke orang terakhir yang harus menebak kata tersebut melalui gerakan yang diperagakan temannya. Permainan sederhana yang begitu seru dan menghibur, membangkitkan kembali semangat para peserta yang mulai merasa lelah dan mengantuk. Semua bergembira dan merasa bahagia karena  mendapatkan hadiah.







Pada kesempatan ini, pihak panitia juga memberikan apresiasi berupa kenang-kenangan kepada peserta yang  termuda dan yang paling senior. Dilanjutkan  menutup seluruh rangkaian   kegiatan ziarek ini  dengan doa penutup yang dibawakan oleh ketua lingkungan St. Arcadius 2 yaitu Bapak Danu Waskita. Puji syukur kepada Tuhan, semua kegiatan dapat berjalan dengan  lancar, semua sehat, senang dan bahagia karena selain berekreasi, mereka juga mendapatkan tambahan iman serta  hadiah kenang-kenangan.  Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan ziarek ini. Semoga melalui kegiatan ini, warga lingkungan St. Arcadius 2 semakin bertumbuh imannya dalam kasih persaudaraan dan kebersamaan, semakin terpanggil dalam melayani Tuhan dan sesama.

Tuhan Yesus memberkati.



Penulis : Susi & Publisher : FX Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Ziarah dan Rekoleksi Lingkungan Santo Arcadius 2 - Gereja Santo Albertus Agung, Paroki Harapan Indah"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel