iklan banner

PELANTIKAN TAHAP PERTAMA KATEKUMEN GEREJA SANTO ALBERTUS PAROKI HARAPAN INDAH


Sakramen Inisiasi meliputi : Baptis, Krisma dan Ekaristi. Berkat Sakramen Baptis manusia digabungkan dengan Kristus dan dijadikan anggota umat Allah. Dibebaskan dari kuasa kegelapan, mati bersama Kristus, dikuburkan dan dibangkitkan. Kemudian berkat Sakramen Krisma akan menerima Roh Kudus dan dijadikan serupa dengan Kristus. Dan dalam Ekaristi bersama seluruh umat Allah merayakan kenangan akan wafat dan kebangkitan Tuhan.
Hal-hal inilah yang diinginkan oleh 83 calon Katekumen untuk menjadi anggota Gereja Katolik yang melakukan upacara pelantikan tahap 1, Sabtu.02 Juli 2022 pukul 18.30 Wib setelah perayaan Ekaristi Upacara pelantikan calon Katekumen dipimpin oleh Romo Yustinus Kesaryanto Pr.

Kemudian Romo Kesar menanyakan permintaan para calon Katekumen dan kesediaan untuk dibaptis, setelah itu romo juga menanyakan kesediaan para wali baptis untuk mendampingi calon. Dalam pelantikan ini para calon Katekumen menerima Alkitab sebagai tanda telah dilantik yang diserahkan oleh Romo Kesar

Dalam homili yang disampaikan oleh Romo, beliau berpesan ego harus dikalahkan dan makin mendekatkan diri pada kehendak Tuhan. Jangan dikira nanti setelah dibaptis ujian pasti lulus tetap tetap harus belajar. Apalagi masih sekitar 10 bulan lagi sampai kepada tahap pembaptisan. Menjadi murid Kristus harus berjuang, harus bekerja memenuhi kebutuhan hidup kita, harus juga berjuang mengatasi semua persoalan dalam kesulitan hidup. Iman kepada Yesus adalah jaminan keselamatan dan hidup kekal kita, bukan diraih di dunia ini tetapi kelak di dalam kehidupan setelah kematian.

Selama di dunia ini iman kepada Yesus menjadi kekuatan bagi kita untuk menghadapi aneka pengalaman hidup yang kita terima, menjadi pegangan agar kita tidak ada salah langkah ketika ada godaan dan tantangan yang mendatangi kita. Penderitaan dan persoalan akan tetap.mengiringi selama kita ada di dunia ini. Maka dalam segala sesuatu jangan lepaskan Kristus karena Yesus adalah Tuhan yang sudah memberi contoh dan teladan langsung. Bagaimana hidup ini harus dijalani meskipun penuh penderitaan, ditinggalkan orang-orang terdekatnya, meskipun tidak ada yang membantu Yesus setia memanggul salib di tengah segala penderitaan itu tanpa mengeluh, tanpa menyalahkan orang lain bahkan mendoakan mereka yang telah membuatnya menderita.























Kita jangan menjadi pihak yang menjadikan orang lain menderita, justru dalam kesulitan kita tetap dipanggil menjadi berkat bagi sesama. Semoga kita makin menyadari, mensyukuri hidup kita masing-masing dan mohon kekuatan dari Tuhan agar kita mampu. Amn 🙏


Penulis : Bpk Theo Hari & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "PELANTIKAN TAHAP PERTAMA KATEKUMEN GEREJA SANTO ALBERTUS PAROKI HARAPAN INDAH"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel