Merayakan Kemerdekaan

25 November 2018 HARI RAYA KRISTUS RAJA
“Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka!” (Yoh 8:36)

Merayakan Kemerdekaan 



Saat kutulis renungan ini aku merasakan kegembiraan: sembuh dari sakit. Flu selama beberapa hari, mungkin sudah seminggu, tidak kunjung reda. Hampir tiap malam batuk-batuk karena lendir yang menghalangi jalan pernafasan. Usai batuk, hidung tersumbat, sehingga mau tidak mau bernafas lewat mulut. Tersiksa rasanya, meski aktivitas siang hari seperti biasa. 


Pada jaman Yesus, perbudakan masih ditemukan, berbeda dengan jaman sekarang ini. Manusia dijadikan budak bagi sesamanya. Seorang budak harus tunduk pada tuan dan atau keluarga tuannya. Seorang budak tidak memiliki kebebasan pribadi. Ia sama halnya dengan binatang yang memiliki harga jual. Budak dapat diperlakukan seenaknya oleh tuan atau keluarga tuannya. Penderitaan menjadi hidupnya, tidak sekadar bagian dari hidupnya. 

Aku gambarkan penderitaan budak lebih dari penderitaan sakit flu. Tatkala seorang budak dimerdekakan, kegembiraan luar biasa tentulah meluap dari dalam dirinya sendiri, melebihi kegembiraanku sembuh dari sakit flu. Orang merdeka memiliki hak-hak kehidupan penuh dalam masyarakatnya. Orang lain tidak dapat memerlakukan seenaknya terhadap dirinya. 


Pewartaan Kristus Raja mengungkapkan pembebasan umat manusia dari perbudakan dosa. Siapapun yang berbuat dosa adalah budak dosa (lih. Yoh 8:34). Pembebasan umat manusia dari perbudakan dosa berarti bahwa umat manusia telah dibayar lunas seharga hidup umat manusia dan memerdekakannya. Itu menunjuk pada pengampunan ilahi atas hidup umat manusia yang berdosa. Hidup umat manusia diterima kembali dalam kemerdekaan sebagaimana hidup umat manusia seharusnya. 

Merayakan Kristus Raja berarti merayakan kemerdekaan umat manusia dari perbudakan dosa. Ledakan kegembiraan haruslah menjadi kekhasan dari perayaan ini. Kristuslah Sang Raja Pembebas! Sorak-sorai membahana di dalam batin setiap insan. Amin.

By Slamet Harnoto - Partisipan Pelayan On Line (PARPOL)

0 Response to "Merayakan Kemerdekaan"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel