REKOLEKSI PENGURUS LINGKUNGAN WILAYAH SANTO ALFONSUS

“MELAYANI DI LINGKUNGAN SESUAI DENGAN SEMANGAT PELAYANAN SANTO ALFONSUS”

SABTU, 28 SEPTEMBER 2019

Dalam rangka pesta nama St. Alfonsus maka Wilayah St. Alfonsus mengadakan rekoleksi dengan tema “MELAYANI DI LINGKUNGAN SESUAI DENGAN SEMANGAT PELAYANAN SANTO ALFONSUS” (KITA BERHIKMAT BANGSA BERMARTABAT ARDAS KAJ 2019).

Adapun peserta adalah para pengurus inti  lingkungan yakni suami dan istri di lingkungan alfonsus 1,2,3,4,5 dan 6.

Adapun tujuan diadakan rekoleksi adalah :

  1. Melaksanakan pengembangan iman dalam rangka aksi puasa pembangunan ARDAS KAJ 2019 KITA BERHIKMAT BANGSA BERMARTABAT.
  2. Mengembangkan dasar – dasar nilai pelayanan yang Kristiani.
  3. Memberikan media pada pengguna Wilayah Alfonsus untuk saling mengenal dan mengakrapkan diri.
  4. Menumbuhkan wawasan keluarga katolik di wilayah St. Alfonsus
  5. Memberi kesadaran warga lingkungan akan manfaat vpersatuan diantara umat Wilayah Alfonsus.
Rekoleksi dibimbing oleh Suster Yasinta dan team. Adapun rekoleksi ini di adakan di Rumah Joglo Mutiara Gading City  masuk Lingkungan Alfonsus 4. Sebelum acara dimulai peserta yang hadir regristasi dahulu  selanjutnya sambutan dari Ketua Wilayah Bp. Hendrik Supardi dan dilanjutkan sambutan dari Bapak Alosius Noson selaku pendiri cikal bakal lingkungan Alfonsus.

Bapak Aloysius menceritakan bahwa sejarah Wilayah St. Alfonsus .

Pada tanggal 18 April 1999 pembentukan lingkungan di Perum Vila Mutiara Gading  1 dengan nama Lingkungan St. Andreas 7. Pada bulan Juli 1999 Wil.St.Andreas dilakukan pemekaran menjadi 2 wilayah yaitu: Wil.St.Andreas dan Wil.St.Aloysius. Ketua Wilayahnya Bpk Leo Yoseph dan lingkungan  di Perum.Vila Mutiara Gading  1 berubah nama menjadi Lingk.St.Aloysius 6

 Pada tahun 1998 awal mulanya diadakan pencarian umat katolik ke RT – RT  dan menemukan 7 KK. Sehingga bulan Mei 1999 dibentuklah Lingkungan dgn nama Lingkungan St.Andreas 7 di Perum.Vila Mutiara Gading 1.

Tahun  2000  terjadi Pemekaran Wilayah Andreas menjadi 2 wilayah yaitu: Wil.St. Andreas dan Wil.St.Aloysius Ketua Wilayahnya Bpk Leo Yosep. - Thn.2007 (SK Dewan Stasi St.Albertus No.: 002/DS-SK/I/2007)

Pada tanggal 11 Januari 2007 terjadi pemekaran Wil.St.Aloysius.  

Rapat wilayah yg dihadiri Ketua Wilayah Bpk.Stanis Ampu dan Ketua2 Lingkungan Aloysius 1 sampai dengan 6 menghasilkan kesepakatan Wililah St.Aloysius dilakukan pemekaran menjadi 3 Wilayah.

Wilalyah St.Aloysius Ketuanya Bpk.Stanis Ampu, Wil.St.Petrus Ketuanya Bpk.Himawantoro, Wil.St.Alfonsus Ketuanya Bpk Robertus Yunianto.

Wilayah St.Alfonsus ada 3 Lingkungan yaitu Lingkungan .Alfonsus 1 dan  2 di Perum.VMG 1 dan Lingk.Alfonsus 3 di Perum.Puri Harapan.

Alasan pemekaran:

1. Alasan Teknis.


  • Pedoman Dasar Dewan Paroki KAJ Psl.1 ayat 3 & 4 berbunyi: Lingkungan adalah sebagian dr paroki yg terdiri dr sejumlah keluarga/yg sebaiknya terdiri dari 20 KK sampai 40 KK. Wilayah adalah koordinasi dari sejumlah lingkungan yang berdekatan.
  • Agar tidak terganggu warga / tetangga bila ada kegiatan doa ( berjubel sampai di luar).
2. Alasan Politis.

  • Agar sebuah Stasi bisa menjadi Paroki dan IMB membangun gereja bisa turun karena syarat – syaratnya  diantaranya adalah jumlah umat memenuhi syarat Sehingga waktu itu bukan hanya Wilayah St.Aloysius yg dimekarkan tetapi juga wilayah = wilayah lain seperti . Sehingga pada  tgl.6 Februari 2008 IMB pembangunan Gereja St.Albertus dr Kota Bekasi turun dgn No.503/0053 ditanda tangani oleh Wali Kota Bekasi Bpk Muhammad Mochtar. Dan tgl.19 Desember 2008 dilakukan upacara pemberkatan sekaligus peletakan batu pertama pembangunan Gereja St.Albertus oleh Rm.Yoseph Jaga Dawan,SVD. Dan tgl.14 Mei 2015 secara resmi Stasi St.Albertus ditetapkan menjadi Paroki yg ke 64 KAJ.
3. Alasan pemilihan nama Lingkungan / Wilayah St.Alfonsus.

  • St Alfonsus sebagia Pujangga Gereja.
  • Pendiri Konggregasi Sanctissimi Redemptoris (CSSr.), Ordo ini bertugas di Paroki Leo Agung dan Paroki Cijantung.
  • Mengikuti semangat St.Alfonsus Ligouri yaitu mengembangkan semangat Iman Katolik sampai ke pelosok-pelosok.
Itulah sejarah berdirinya Wilayah St. Alfonsus yang dikupas tuntas oleh Bapak Aloysous Nosson.

Pada sesi berikutnya Suster Yasinta sebagai  pembimbing retret memberikan retret yang sangat menarik dengan tema  "JADILAH ALFONSUS DALAM DUNIA MILENIAL" Sr  Yasinta mengupas perjalan hidup St. Alfonsus yang patut diteladani sebagai umat dalam pelayanan . Dalam mendalami St Alfonsus djuga disharingkan dalam beberapa kelompok. Peserta yang hadir kurang lebih 33 orang dari 6 Lingkungan.

Retret ditutup dengan makan bersama.






































By Theresia Rusti - Tim PARPOL  [ Partisipan Pelayan Online ]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "REKOLEKSI PENGURUS LINGKUNGAN WILAYAH SANTO ALFONSUS"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel