Pertemuan ke IV Bulan Kitab Suci Nasional Lingkungan Fransiskus Xaverius 4

Pertemuan ke IV Bulan Kitab Suci Nasional Lingkungan Fransiskus Xaverius 4
Tema: HIKMAT ALLAH YANG TANPA BATAS

Selama bulan September 2019, seperti halnya Lingkungan yang lain di Paroki Harapan Indah Gereja Santo Albertus Agung dan seluruh Gereja di Indonesia, Lingkungan Fransiskus Xaverius 4 mengadakan pertemuan Bulan Kitab Suci Nasional sebanyak 4 kali dalam sebulan. 

Sesuai kesepakatan umat, pertemuan dilakukan setiap hari Minggu dengan harapan banyak umat yang dapat hadir, sebab bila dilaksanakan hari Sabtu banyak umat yang tidak hadir karena hari Sabtu digunakan untuk acara keluarga, dan bila diadakan di hari kerja Senin sampai dengan Jumat, banyak yang tidak hadir karena kena macet perjalanan pulang dari kerja.

Hari Minggu tanggal 29 September 2019 jam 19.00 tepat dilaksanakan pertemuan untuk merenungkan Hikmat Allah Yang Tanpa Batas, di kediaman Keluarga Bapak Benyamin di Harapan Indah Blok HI. Pada pertemuan ini tuan rumah kebetulan merangkap sebagai fasilitator.  Umat yang hadir adalah 3 generasi, terdiri dari 4 orang oma-oma, 4 orang bapak-bapak, 10 orang ibu-ibu dan 1 orang anak  dan 2 orang anak remaja, total yang hadir 21 orang. 

Pertemuan berlangsung kurang lebih 1 jam diawali lagu pembukaan yang dipimpin oleh Seksi Liturgi Lingkungan yaitu Bapak Hutomo. Karena seluruh umat yang hadir sudah hafal lagu yang dinyanyikan  maka  lagu dapat dinyanyikan dengan lancar dan semangat meskipun tanpa ada iringan musik. Lagu Pembukaan adalah “Betapa Kita Tidak Bersyukur” 

Pembacaan dari Bilangan 22: 1-24: 25, dibacakan secara bergantian, ayat ganjil dibacakan oleh pria baik yang sudah dewasa maupun yang masih anak-anak, dan ayat yang genap dibacakan oleh para wanita. Membaca secara bersama-sama, kelebihannya adalah semua umat terlibat aktif dalam membaca kitab suci, namum kekurangannya, cara membaca cenderung terlalu cepat dan terburu-buru karena  harus kompak bersama-sama dalam membaca. Satu orang membaca cepat cenderung diikuti oleh yang lain. Akibatnya sulit memahami isi bacaan.

Di sinilah peran fasilitator dalam pertemuan ini, fasilitator mengarahkan  umat yang hadir untuk memahami isi bacaan dan memberi kesempatan untuk memberikan sharing iman yang berhubungan dengan isi bacaan. Pembahasan di pertemuan ke 4  agak sulit kami sharingkan, selain karena umat yang hadir takut atau tidak berminat untuk sharing, juga contoh sharing yang akan disampaikan yang menurut kami pada malam itu lumayan sulit.

Bila pada pertemuan ke 4 ini dikatakan agak sulit untuk melakukan sharing, bukan berarti tidak ada yang memberi sharing. Kemampuan fasilitator menguasai suasana pertemuan yang sangat bagus mampu menggiring umat untuk memberi sharing. Dan ada seorang Bapak yang hadir, kebetulan beliau adalah seorang prodiakon yang sangat kalem penampilannya, memberikan sharing yang luar biasa. “Ada kasih yang luar biasa dari orang yang sederhana, dengan tidak tidak memandang ras dan agama”









Pertemuan ditutup dengan lagu “Hidup Ini Adalah Kesempatan” kira-kira jam 20.00 dan dilanjutkan dengan arisan lingkungan yang biasanya diadakan tiap akhir bulan. Karena pertemuan dilanjutkan dengan arisan, 2 anak remaja yang merasa tidak punya kepentingan dalam acara ini pamit pulang lebih dahulu, sehingga ketika foto bersama dengan memegang buku BKSN 2 anak remaja tersebut tidak terlihat dalam foto tersebut.

By Paula T. Hartati - Tim PARPOL  [ Partisipan Pelayan Online ]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan ke IV Bulan Kitab Suci Nasional Lingkungan Fransiskus Xaverius 4"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel