iklan banner

Pertemuan 1&2 BKSN 2022 Lingkungan Santo Petrus 4

Bulan September bagi umat Katolik ditetapkan sebagai Bulan Kitab Suci Nasional. Tema bulan Kitab Suci tahun 2022 adalah Allah Sumber Harapan Hidup Baru 

Umat lingkungan Santo Petrus 4 mengadakan pertemuan 1 dan 2 BKSN 2022  pada hari Sabtu 10 September 2022 yang bertempat di rumah bapak Petrus (THB blok L2 no. 6). Pertemuan di mulai pukul 19.45 wib yang dihadiri oleh 24 umat yang terdiri dari 2 BIR, 5 OMK, dan 17 umat orang tua. Yang menjadi fasilitator untuk pertemuan 1 dan 2 adalah pak Albert, dan lagu pembuka dengan judul "Baca Kitab Suci & Doa Tiap Hari". Sebelumnya acara di buka dengan kata pengantar oleh pak Kaling. Acara pertemuan diawali dengan ibadat  doa Pembuka seperti biasa. Tema pertemuan 1: Allah Sumber Harapan Untuk Menangkis Mentalitas Keagamaan Palsu.

Pertemuan 1 Bacaan diambil dari Amos 5:4-6 yang dibacakan oleh ibu Theres. Setelah bacaan selesai dibacakan baru fasilitator membawakan materi pertemuan dengan menjelaskan secara rinci gagasan yang menjadi pendalaman dari Amos tersebut. Untuk mempermudah pemahaman teks, fasilitator mengajak umat dengan cara memberi pertanyaan dan mengajak umat untuk menjawab pertanyaan sesuai buku panduan dan mendiskusikannya. Antusias umat sangat baik dan aktif mencari jawabannya di setiap ayat yang ada dalam perikop 

Dan yang menjadi serunya acara adalah sesi sharing. Fasilitator memberi kesempatan kepada umat untuk sharing, untuk pertemuan 1 ini ada  umat yang mau sharing yaitu pak Albert, bu Ely, pak Petrus dan bu Titin. Sharing pak Albert: berpasrah dan percaya pada Tuhan pada waktu sakit, pasti Tuhan akan memberikan bantuan dan jalan keluar yang terbaik. Bu Elly: Kebiasaan kebiasaan apa yang menjauhkan saya dari Tuhan? Kadang waktunya untuk berdoa malah asik mainan hp  dan nonton youtube.  Pak Petrus: pernahkah saya merasakan teguran Tuhan dalam hidup saya? Ketika sakit atau kena musibah kita baru mencari Tuhan, tetapi pada keadaan bahagia lupa bersyukur pada Tuhan. Bu Titin: Apakah Tuhan juga ada dalam daftar utama yang menjadi prioritas hidup saya? Kita selalu percaya dan berpasrah pada Tuhan, Tuhan akan menolong pada waktu kita mengalami kesusahan atau musibah.

Setelah sharing baru dilanjutkan dengan kesimpulan bahwa Allah merupakan sumber harapan dan jangan mencari Allah-Allah yang lain atau keagamaan palsu.  Dilanjutkan dengan pertemuan ke 2 dengan tema Allah Sumber Harapan Untuk Melawan Ketidakadilan. Untuk pertemuan 2, fasilitator memberikan materi  dengan diputarkan youtube supaya umat tidak bosan dan ada variasinya. Bacaan diambil dari Amos 5: 14-17. Inti dari pertemuan 2 ini, nabi Amos mengajak kita untuk menegakkan keadilan. Keadilan akan dicapai kalau orang mencari dan mencintai yang baik dan membenci yang jahat. Setelah umat jelas tentang perikop diatas, fasilitator mengajak umat untuk bersharing. Dan umat yang bersedia bersharing pak Tedy dan pak Ridwan. Sharing pak Tedy: Ketidakadilan yang terjadi di tempat kerja, pasti banyak persaingan yang tidak sehat, maka kita sebaiknya jangan membanding bandingkan dan tidak iri dengan    apa yang sudah kita terima. Tetapi disini Tuhan akan memberikan kita rejeki tanpa kita duga dan Tuhan sudah berlaku adil bagi umatnya. Pak Ridwan: menyambung dipertemuan 1 untuk tidak mencari Allah lain dan tetap percaya pada Allah yang kita imani. Dan juga mengajak untuk peduli pada umat yang lagi berduka untuk support dan hadir untuk mendoakannya. Setelah itu baru ditutup dengan kesimpulan yaitu berlakulah adil pada sesama yang membutuhkan dan solidaritas dengan sesama umat lingkungan. Baru dilanjutkan doa umat secara spontan oleh pak Albert, bu Ely, bu Marni, dan pak Ridwan kemudian disatukan dengan doa Bapa Kami. 

Pertemuan ditutup dengan doa penutup dan mohon berkat Tuhan. Lagu penutup dengan judul "Kuatkanlah Hatiku". Setelah selesai pertemuan dilanjut dengan tiup lilin dan nyanyi happy birthday untuk ibu Titin yang tepat merayakan ulang tahun hari ini. Dilanjutkan dengan acara ngobrol bebas untuk saling menguatkan dan bercanda untuk menambah imun.




















Demikianlah laporan kegiatan pertemuan 1 dan 2 BKSN 2022 di Lingkungan Santo Petrus 4, sampai ketemu di pertemuan berikutnya. Salam sehat, Tuhan memberkati


Penulis : Bpk Petrus Indra Gunawan & Publisher : F.X Rudy. - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan 1&2 BKSN 2022 Lingkungan Santo Petrus 4"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel