iklan banner

PERTEMUAN BKSN KEDUA LINGKUNGAN FRANSISKUS XAVERIUS 3

BKSN kedua umat lingkungan Fransiskus Xaverius 3 

Acara dimulai pada pukul 19.30 WIB hari Rabu tanggal 14 September 2022. Jumlah peserta yang hadir 18 orang. Diawali dengan lagu pembuka. Pertemuan BKSN 2 dengan tema Allah Sumber Harapan untuk Melawan Ketidakadilan difasilitasi oleh Sdr. Alonzo Jethro. 

Berjalan sesuai buku panduan di awal, namun ketika mulai membaca Kitab Suci dari Amos 5:14-17, salah satu umat yang hadir diminta sukarela membaca, setelah itu dilanjutkan baca di dalam hati masing-masing. Kemudian fasilitator membuka permenungan secara interaktif dalam bentuk tanya jawab dan pemahaman bersama tentang keadilan. Melalui berbagai contoh konkret dalam hidup sehari-hari, seluruh umat diajak untuk dapat memahami bagaimana mengambil inspirasi dan teladan dari Nabi Amos, sang Pendekar Keadilan. Melalui permenungan kemudian ditarik kesimpulan dan refleksi bersama bahwa untuk menjadi pribadi yang adil, kita perlu mencari terlebih dahulu kebenaran. Kebenaran yang berasal dari Allah hanya bisa kita rasakan bila kita mengejar yang baik dan menjauhkan yang jahat. Semua itu terutama bermuara pada akhir dan tujuan yang sama yaitu memperoleh kehidupan. 

Allah dalam perjanjian lama digambarkan cukup "menyeramkan" karena penuh dengan ketakutan dan ancaman apabila tidak mengikuti aturan dariNya. Tetapi Allah dalam perjanjian baru adalah Kasih, yang senantiasa memberikan dorongan pada kita semua, manusia modern saat ini, untuk senantiasa juga mengasihi. Tanda awal kita mengejar yang baik dan memperjuangkan keadilan, adalah di saat kita benar-benar peka akan situasi di luar diri kita, situasi di lingkungan, masyarakat dan negara kita. Karena pada saat itulah, mata hati dan pikiran kita hanya tertuju pada Allah, yang memberikan harapan bagi kita untuk senantiasa melawan ketidakadilan.















Renungan dilanjutkan doa spontan tiap umat dan diakhiri doa penutup, serta lagu penutup.


Penulis : Ibu Betawati & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "PERTEMUAN BKSN KEDUA LINGKUNGAN FRANSISKUS XAVERIUS 3"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel