iklan banner

PERTEMUAN BKSN III LINGKUNGAN FELISITAS 2

Pertemuan BKSN III Lingkungan Felisitas 2 diselenggarakan pada hari Minggu,  tanggal 18 September 2022 Pukul 19.30 Wib di rumah Bp. Soebijanto dengan tema : “ Allah Sumber Harapan karena Kasih Setia-Nya” umat yang hadir 21 orang dengan Fasilitator oleh Ibu Linda Jamin

Pertemuan BKSN III membahas dari kitab Hosea dengan sub tema “ Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal Tuhan”.

Dalam BKSN ke III menjelaskan siapa Nabi Hosea :

Hosea artinya “Tuhan adalah keselamatan”. Kitab Hosea mengisahkan cinta kasih Allah dan pengkhianatan manusia atas cinta Allah tersebut. Perkawinannya sendiri dengan seorang sundal/pelacur bernama Gomer merupakan simbol dari upaya Tuhan memanggil kembali Israel yang tidak setia. Ketidaksetiaan manusia dilambangkan seperti Gomer yang sering berpaling dan tidak setia terhadap Hosea suaminya. Allah yang setia vs umat Israel yang tidak setia

Rangkuman dari pembahasan BKSN ke III kali ini adalah :

Bagian pertama: Ayat 1-3

A. Allah yang menyembuhkan (ayat 1 dan 2)

1 “Mari, kita akan berbalik kepada TUHAN, sebab Dialah yang telah menerkam dan yang akan menyembuhkan kita, yang telah memukul dan yang akan membalut kita.
2 Ia akan menghidupkan kita sesudah dua hari, pada hari yang ketiga Ia akan membangkitkan kita, dan kita akan hidup di hadapan-Nya.

B. Mengenal Allah dengan sungguh-sungguh (ayat 3)

3 Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi.”

Bagian pertama :

A. Allah yang menyembuhkan (ayat 1 dan 2)

- Allah yang meruntuhkan dan membangun dapat ditemukan dalam sejumlah kitab kenabian    lainnya
- Allah sanggup menyembuhkan. Dan penyembuhan yang dimaksud disini bukan hanya fisik,    namun terutama penyembuhan rohani yaitu pertobatan
-Orang yang percaya kepada Tuhan akan selalu menemukan kasih setia-Nya yang   membangkitkan harapan dan memberi kehidupan

B. Mengenal Allah dengan sungguh-sungguh (ayat 3)

- Kadangkala relasi dapat menyebabkan gambaran yang tidak sesuai dengan apa yang            sesungguhnya
- Itulah sebabnya Hosea mengajak orang Israel untuk mengenal Tuhan sengan sungguh-          sungguh agar orang Israel memiliki gambaran yang utuh tentang Allah
- Salah satu sikap dasar Allah adalah kasih setia_nya yang tetap terhadap umat-Nya seperti      fajar yang pasti muncul dan hujan yang turun ke bumi,memberi kehidupan


IV. Pesan dan Penerapan

1. Tuhan selalu berbuat baik

Ø Pemahaman dasar bahwa Tuhan itu penuh kasih setia yang selalu berbuat baik dan selalu      berupaya membalut dunia yang terluka.
Ø Maka kita pun diundang untuk meningkatkan solidaritas di antara kita, saling peduli dan          mengasihi satu sama lain.

2. Perlunya mengenal Tuhan dengan sungguh-sungguh

Ø Pengenalan akan Tuhan yang penuh kasih setia diperlukan agar dapat semakin                      mencintaiNya dan memampukan manusia menjadi pelaku firman.
Ø Pengenalan akan Tuhan bukanlah sekedar pengetahuan yang dipelajari tetapi mengalami      kasih setia dan kebaikan Tuhan kemudian mempraktekkannya dengan mengasihi sesama.

Dokumentasi kegiatan :



Demikian laporan singkat pertemuan BKSN III lingkungan Felisitas 2, Tuhan Yesus memberkati.


Penulis : Bpk Theo Ryanto & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi


0 Response to "PERTEMUAN BKSN III LINGKUNGAN FELISITAS 2"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel