iklan banner

Pertemuan 3 BKSN 2022 Lingkungan Santo Petrus 4


Bulan September bagi umat Katolik ditetapkan sebagai Bulan Kitab Suci Nasional.Tema bulan Kitab Suci tahun 2022 adalah Allah Sumber Harapan Hidup Baru.

Umat lingkungan Santo Petrus 4 mengadakan pertemuan 3 BKSN 2022  pada hari Minggu 18 September 2022 yang bertempat di rumah bapak Albert (THB blok O2 no.19). Pertemuan di mulai pukul 19.38 Wib yang dihadiri oleh 26 umat yang terdiri dari 4 OMK, dan 22 umat orang tua. Yang menjadi fasilitator untuk pertemuan 3 adalah pak Petrus, dan lagu pembuka dengan judul "Kasih Setiamu". Sebelumnya acara di buka dengan kata pengantar oleh pak Kaling Albert selaku tuan rumah juga. Acara pertemuan diawali dengan ibadat  doa Pembuka seperti biasa. Tema pertemuan 3: Allah Sumber Harapan Karena Kasih Setianya.

Pertemuan 3 Bacaan diambil dari Hosea 6:1-6 yang dibacakan secara bersama sama bergantian umat cowok ayat ganjil dan umat cewek ayat genap. Setelah bacaan selesai dibacakan baru fasilitator membawakan materi pertemuan dengan menjelaskan secara rinci gagasan yang menjadi pendalaman dari Kitab Hosea tersebut. Untuk mempermudah pemahaman teks, fasilitator mengajak umat dengan cara memberi pertanyaan dan mengajak umat untuk menjawab pertanyaan sesuai buku panduan dan mendiskusikannya. Antusias umat sangat baik dan aktif mencari jawabannya di setiap ayat yang ada dalam perikop 

Dan yang menjadi serunya acara adalah sesi sharing. Fasilitator memberi kesempatan kepada umat untuk sharing, untuk pertemuan 3 ini ada 5 umat yang mau sharing yaitu pak Albert, bu Agustin, bu Yeni, bu Marni dan dilengkapi dengan pak Ridwan. 

Sharing pak Albert: berpasrah dan percaya pada Tuhan pada waktu sakit dan harus mengajar di masa pandemi yang dibantu oleh teman teman dan dukungan dari kepala sekolah. Pasti Tuhan akan memberikan kasihnya pada pak Albert yang pasrah pada Yesus. 

Bu Agustin: Merasakan kebaikan Tuhan dalam waktu sakit di masa pandemi dan bisa ke gereja lagi untuk mengikuti misa karena rindu akan Tuhan dan menerima Komuni. 

Bu Yeni: Merasakan dan mengalami kasih setia Tuhan, dan kebaikan Tuhan di masa pandemi, ketika suami sudah tidak bekerja dan anak anak sudah selesai dalam kuliah dan mulai bekerja. Selalu bersyukur karena dimasa pandemi segala kebutuhan berkurang karena bisa dilakukan secara online dan dilakukan di rumah.

Bu Marni: Selalu bersyukur atas kasih Tuhan, Tuhan akan memberikan rejeki dari manapun. Dan bersyukur dengan aktif mengikuti kegiatan lingkungan, doa doa, tugas koor dan pelayanan yang lainnya.
Pak Ridwan: Selalu pasrah dengan rencana Tuhan dengan turut mengasihi Tuhan menjadi  pelayan gereja dan terlibat menolong sesama yang membutuhkan.

Setelah sharing baru dilanjutkan dengan kesimpulan dan pesan:
  1. Tuhan selalu berbuat baik. Bahwa Tuhan itu penuh kasih setia yang selalu berbuat baik dan selalu berupaya membalut dunia yang terluka.  Maka kitapun diundang untuk meningkatkan solidaritas diantara kita, saling peduli dan mengasihi satu sama lain.
  2. Perlunya Mengenal Tuhan dengan sungguh sungguh. Pengenalan akan Tuhan yang penuh kasih setia diperlukan agar dapat semakin mencintaiNya dan memampukan manusia menjadi pelaku firman. Pengenalan akan Tuhan bukanlah sekedar pengetahuan yang dipelajari tetapi mengalami kasih setia dan kebaikan Tuhan kemudian mempraktekannya dengan mengasihi sesama.

Baru dilanjutkan doa umat secara spontan oleh pak Petrus, pak Sugi, bu Marni, dan bu Elly, kemudian disatukan dengan doa Bapa Kami. Pertemuan ditutup dengan doa penutup dan mohon berkat Tuhan. Lagu penutup dengan judul "Harapanku". Setelah selesai pertemuan dilanjut dengan pengumuman kegiatan lingkungan selanjutnya dan pengenalan Tabut untuk aktif kembali yang disampaikan oleh pak Kaling. Dilanjutkan dengan acara ngobrol bebas untuk saling menguatkan dan bercanda untuk menambah imun.














Demikianlah laporan kegiatan pertemuan 3 BKSN 2022 di Lingkungan Santo Petrus 4, sampai ketemu di pertemuan berikutnya. Salam sehat, Tuhan memberkatišŸ™


Penulis : Bpk Petrus Indra Gunawan  & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan 3 BKSN 2022 Lingkungan Santo Petrus 4"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel