iklan banner

Pertemuan 4 BKSN 2022 Dan Arisan 3 Lingkungan Santo Petrus 4

Pertemuan 4 BKSN 2022 Dan Arisan 3 Lingkungan Santo Petrus 4.
Tema bulan Kitab Suci tahun 2022 adalah Allah Sumber Harapan Hidup Baru.

Umat lingkungan Santo Petrus 4 mengadakan pertemuan 4 BKSN 2022 dan Arisan 3 pada hari Sabtu 24 September 2022 yang bertempat di rumah Bapak Idris/ Ibu Yeni (THB blok M1 no.11). Pertemuan di mulai pukul 19.42 wib yang dihadiri oleh 27 umat yang terdiri dari 6 OMK, dan 21 umat orang dewasa.

Yang menjadi fasilitator untuk pertemuan 4 adalah pak Ridwan, dan lagu pembuka dipimpin oleh ibu Agustin dengan judul "Hari Ini Kurasa Bahagia". Sebelumnya acara di buka dengan kata pengantar oleh pak Petrus yang mewakili bapak Kaling yang berhalangan hadir. Acara pertemuan diawali dengan ibadat  doa Pembuka seperti biasa. Tema pertemuan 4: Allah Sumber Harapan Karena KerahimanNya.

Pertemuan 4 Bacaan diambil dari Hosea 11: 1-11 yang dibacakan oleh pasutri bapak Sulis dan ibu Agustin secara bergantian ayat ganjil dan genap. Setelah bacaan selesai dibacakan baru fasilitator membawakan materi pertemuan dengan menjelaskan secara rinci penjelasan teks dari Kitab Hosea tersebut. Untuk mempermudah pemahaman teks, fasilitator mengajak umat dengan cara memberi pertanyaan dan mengajak umat untuk membuka Kitab Suci. Antusias umat sangat baik dan mendengarkan setiap ayat yang ada dalam setiap perikop.
Dan yang menjadi serunya acara adalah sesi sharing dan aksi nyata. Fasilitator memberi kesempatan kepada umat untuk sharing, untuk pertemuan 4 ini dengan memberi pertanyaan yang ada dalam buku panduan. Pada malam hari ini ada 3 umat yang mau sharing yaitu pak Ridwan, pak Sugi dan saudari Gaby.

Sharing pak Ridwan: peduli pada hal hal kecil, ketika sedang ke makam, melihat depan belakangnya tidak ada keluarga yang merawat dan menengok makam keluarganya, Pak Ridwan berusaha untuk memberikan sedikit bunga untuk ditaburkan ke makam tetangganya. Dan pak Ridwan mengingatkan kita untuk peduli ke saudara kita yang sudah lanjut usia untuk disapa dan dikunjungi dan memberikan semangat untuk penghiburan karena kerinduan akan sapaan dari keluarganya yang jauh dan tidak memperhatikannya.

Sharing Pak Sugi: Kenapa harus ada pandemi, Tuhan ada kalanya menguji, menegur, mengingatkan kepada umatnya karena kurang setia. Tuhan yang Maharahim, memberikan makna yang lebih baik lagi dengan membangun iman kita, selalu rindu pada Tuhan dengan cara menerima Tubuh Kristus yang sudah lama tidak kita terima secara langsung karena pandemi.

Saudara Gaby: pada waktu mengerjakan skripsi di masa pandemi mengingatkan teman seperjuangannya untuk berusaha semaksimal mungkin mengerjakan skripsi dengan mengajak untuk Serenity Prayer,  berdoa untuk ketenangan dan keteduhan.
Setelah sharing baru dilanjutkan  dengan pesan dan harapan:

Tuhan memelihara setiap orang yang percaya dan berharap kepadaNya.
Dalam keheningan Tuhan juga berjuang agar setiap orang hanya berharap kepadaNya dan tidak berpaling pada yang lain.

Pertobatan akan membantu setiap orang untuk bertumbuh dan berkembang dengan lebih baik. Semakin seorang mendekati Tuhan, semakin ia diperkaya dan diperkuat kehidupannya sehingga kelak akan menemukan kebahagiaan di Surga.

Kerahiman Allah seperti hilang dan tidak dirasakan maka Hosea menyatakan bahwa ia menarik kita dengan tali kesetiaan menuju kebebasan sejati dan kembali masuk dalam perlindunganNya.

Baru dilanjutkan dengan doa umat secara spontan oleh pak Sugi, bu Marni, bu Agustin dan pak Ridwan kemudian disatukan dengan doa Bapa Kami. Pertemuan ditutup dengan doa penutup dan mohon berkat Tuhan. Lagu penutup dengan judul "Pujian Kepada Tuhan" PS 432. Setelah selesai pertemuan dilanjut dengan doa Makan yang dipimpin oleh pak Petrus, karena tuan rumah menyediakan makan malam. Berbarengan dengan makan malam dan ramah tamah diselingi dengan pengocokan arisan yang ke 3, dan yang beruntung mendapatkan arisan adalah bapak Sulis dan bapak Albert.  

Dilanjutkan dengan acara ngobrol bebas untuk saling menguatkan serta foto bersama dengan seluruh umat yang hadir.
















Demikianlah laporan kegiatan pertemuan 4 BKSN 2022 dan Arisan 3 di Lingkungan Santo Petrus 4, sampai ketemu di pertemuan berikutnya. Salam sehat, Tuhan memberkatišŸ™

Penulis : Bpk Petrus Indra Gunawan & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan 4 BKSN 2022 Dan Arisan 3 Lingkungan Santo Petrus 4"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel