Keluarga Menjadi Tempat Untuk Belajar

Jumat, 18 Juli 2014 menjadi hari yang berbahagia bagi keluarga Bapak Anang dan Ibu Bernadeta. Karena pada hari itu diadakan 3 acara sekaligus di rumah kediaman mereka di Cluster Ifolia 2 Harapan Indah. Acara misa pemberkatan rumah yang dimulai pada pukul 20.00 WIB dihadiri lebih dari 40 orang umat Lingkungan Felisitas 3. Misa dipimpin oleh Romo Fransiskus Asisi Heru Kurniawan, SVD sekaligus untuk memperingat ulang tahun ke-43 Ibu Bernadeta dan ulang tahun pernikahan ke-15 Bapak Anang dan Ibu Bernadeta.



Dalam homili singkatnya, Romo Heru menyampaikan bahwa setiap keluarga yang tidak bisa hidup sehati muncul dalam tindakan sehari-hari. Entah itu di perkerjaan, relasi dengan orang lain, tentu lebih kasar dan tidak mempunyai hati sebagaimana yang telah diberikan di dalam keluarganya. Pemberkatan rumah merupakan pemberkatan keluarga, maka keluarga Katolik diharapkan dapat menjadikan keluarga sebagai sekolah atau tempat untuk belajar yang pertama dan utama. Kita lebih mudah mengisi rumah dengan berbagai macam perabotan, tapi jika tidak diisi dengan hati maka kita tidak akan pernah merasa bahagia. Dalam membangun rumah tangga mungkin ada percekcokan, tapi sesungguhnya keluarga adalah tempat untuk belajar.



Ingatlah janji perkawinan, karena kalau tidak ingat maka tidak akan bisa melaksanakannya. Karena waktu mengucapkan janji perkawinan adalah pilihan sendiri dan keiinginan diri sendiri bukan atas paksaan siapapun. Tidak akan pernah dari semak duri kita memetik buah ara dan buah anggur, maka bukan hanya dari rumah yang bagus kita memetik anak-anak dan kebahagiaan tapi dari kita sendiri. Sarana itu penting, tetapi isinya lebih penting.
 
 
Bangunlah keluarga menjadi tempat untuk belajar, belajar apapun : belajar memahai, belajar untuk berdoa, belajar untuk mencintai, belajar untuk bangkit ketika tidak dimengerti orang lain, belajar untuk bersosialisasi dengan tetangga, belajar untuk memberikan iman kita di dalam lingkungan. Begitu membahagiakan apabila seseorang melihat rumah dan keluarga adalah sebagai tempat yang dirindukan dan tempat merindukan. Buatlah rumah menjadi tempat sekolah sekaligus tempat yang dirindukan dan merindukan.

Proficiat buat keluarga Bapak Anang dan Ibu Bernadeta, semoga apa yang menjadi harapan-harapan keluarga diberkati oleh Allah.

Neli Apriyanti

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel