Rupa Surgawi

24 Pebruari 2019 Hari Minggu Biasa VII

“Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati” (Luk 6:36)


Rupa Surgawi
  
Refleksi atas ketiga bacaan menunjukkan padaku pada satu hal: pergulatan antara rupa duniawi dan rupa surgawi (cf. 1 Kor 15:49). Bagiku, kedua rupa tersebut ada di dalam kehidupanku ini. Rupa duniawi mengungkapkan realitas hidup manusiawiku: hasrat dan keinginganku! Di sisi lain rupa surgawi senantiasa menyadarkanku akan realitas hidup ilahiku: keserupaan dengan Bapa yang murah hati!

Kemurahan hati menjadi rupa ilahi umat beriman. Hal itu begitu tampak jelas dalam hubungan antara Saul dan Daud. Sebagaimana diceriterakan Kitab Pertama Samuel, kemurahan hati Daud dilandaskan akan keyakinan akan Allah. Ia tidak menghabisi Saul, meski Allah telah menyerahkannya kepada Daud. Saul telah diurapi Allah, akankah Daud akan membunuhnya?

Satu titik penting di sini adalah pengampunan! Orang yang murah hati memiliki harta berlimpah, yakni pengampunan, yang tidak pernah habis bagi sesamanya. Harta itu senantiasa disediakan bagi siapapun yang telah menyakiti hatinya. “Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu” (Luk 6:27-28). Inilah rupa Bapa, rupa surgawi yang senantiasa menyatu dalam hidup umat beriman!


Selamat merenung! Tuhan memberkati!

---
By Tim Partisipan Pelayan On Line (PARPOL)

0 Response to "Rupa Surgawi"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel