Dibaptis dengan Roh Kebahagiaan

16 Desember 2018 Minggu Adven III
 “Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api” (Mk 13:31)

Dibaptis dengan Roh Kebahagiaan
  
Jikalau dia datang .... aku akan menerima kebahagiaan dengan kecentilannya! Cucu tentu tidak dapat memberikan barang apapun. Ia hadir dengan dirinya. Itu pun tergantung dari orangtuanya. Kehadiran dirinya saja sudah memberikan kebahagiaan yang luar biasa!


Pewartaan Yohanes Pembaptis menunjukkan kehadiran yang membahagiakan akan Sang Tuan. Kalau Yohanes Pembaptis membaptis dengan air dan sebagai tanda pertobatan, maka Dia yang akan datang akan hadir dengan DiriNya sendiri ... “membaptis dengan Roh Kudus dan dengan api”. Apakah Roh Kudus tidak menunjukkan api? Tentulah tidak dimaksudkan Yohanes Pembaptis atau Lukas untuk membedakan keduanya (Roh Kudus dan api) sebagai dua hal yang terpisah secara definitif. Yang terpenting bagiku adalah bahwa permenungan masa adven haruslah mengungkapkan kebahagiaan hidup Kristen. Oleh karena itu, penting kiranya untuk melihat bahwa baptisan Roh Kudus dan dengan api merupakan kehadiran nyata Allah dalam diriNya sendiri yang membawa kebahagiaan bagi umat manusia. Allah tidak hadir dengan perantaraan lagi, seperti memandang foto cucu perempuan. Allah sungguh hadir, sama seperti kehadiran nyata cucu perempuan itu. Sungguh membahagiakan!

Dengan demikian, baik kiranya dipikirkan mengenai katekese yang membahagiakan. Pelajaran agama bagi calon baptis apakah memuat hal-hal yang membawa orang atau memersiapkan orang untuk menyambut kebahagiaan yang akan diterima dalam Sakramen Baptis. Kecenderungan orang, baik katekumen maupun pendamping, untuk memenuhi syarat menerima Sakramen Baptis tampak menonjol bagiku. Dalam hal ini sering terdengar pembenaran “untuk menyemangati”, bahkan sekadar “agar banyak yang datang”. Adalah satu hal yang mengenaskan kiranya apabila terjadi jurang antara pengetahuan dan penghayatan konkret. Berbagai cara perlu dipikirkan dan ditemukan agar orang yang mau menerima Sakramen Baptis sungguh meresapkan berbagai ajaran dan senang menghidupinya.


Selamat merenung!

---
By Slamet harnoto - Partisipan Pelayan On Line (PARPOL)

0 Response to "Dibaptis dengan Roh Kebahagiaan"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel