Bahagia Menanggung Penderitaan

23 Desember 2018 Minggu Adven IV
“Berbahagialah ia yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana” (Lk 1:45)

Bahagia Menanggung Penderitaan
  
Pernahkah Anda dikencingi anak atau cucu yang masih bayi? Bagaimana rasanya? Marah padanya? Tentu tidak, bukan?!


Penerimaan Maria akan kehendak Allah penting disadari merupakan penerimaan akan penderitaan seumur hidupnya. Maria yang belum menikah akan mengandung. Apa yang akan diterima Maria dari masyarakatnya? Anda tahu, bukan, bahwa dia akan dirajam sampai mati! Sebagaimana pewartaan para penginjil, Maria harus menanggung penderitaan (batin) karena karya putranya. Seumur hidup ... ya seumur hidup harus menanggung penderitaan karena menerima kehendak Allah.

Pewartaan Lukas tentang Maria pada awal Injilnya menunjukkan pribadi Maria yang merasakan kebahagiaan karena pilihan Allah padanya. Tidak tampak kemurungan atau keluh kesah saat kunjungannya kepada sanaknya, Elisabet. Pujian kepada Maria oleh Elisabet kiranya merupakan pujian yang tulus, yang meluap dari batinnya. Pujian itu tertuju pada Maria, yang dengan keikhlasannya menerima kehendak Allah.

Sejajar dengannya adalah kenyataan hidup sehari-hari. Adakah umat beriman mengalami kebahagiaan di dalam realitas hidupnya? Panggilan hidup umat beriman adalah menjalani kenyataan konkret, bukan melarikan diri ke dalam mimpi-mimpi yang justru mengaburkan kenyataan diri sendiri. Perbedaan umat beriman dengan lainnya tampak jelas pada meletakkan segala sesuatu dalam rancangan ilahi. Bagaimanakah rancangan ilahi itu? Menjalani hidup dengan segala keluh kesahnya!


Semoga pada akhir masa adven umat beriman semakin realistis. Berkat Tuhan selalu. Amin. 

---
By Slamet Harnoto - Partisipan Pelayan On Line (PARPOL)

0 Response to "Bahagia Menanggung Penderitaan"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel