Rancangan Agung Allah

22 Desember 2019 Minggu Adven IV

“Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka menamakan Dia Imanuel” (Mat 1:23; cf. Yes 7:14)



“Rancangan Agung Allah”

Bulan Desember merupakan bulan yang biasanya ditandai dengan turunnya hujan (hampir) setiap hari. Tidak sedikit bangunan rumah yang ketahuan bocor, atau bahkan mengalami kebanjiran karena curah hujan yang sangat tinggi. Berdasarkan pengalaman ini, seorang pengembang sudah memerhitungkan kekuatan bangunan terhadap gempuran alam. Pada suatu waktu tentu bangunan yang berdiri kokoh akan mengalami kebocoran sana-sini. Oleh karena itu, seorang pengembang memerhitungkan agar bangunan tersebut dapat diperbaiki.

Allah melebihi seorang pengembang. Ia Perancang Agung, tahu segala sesuatu yang akan terjadi. Penciptaan segala sesuatu tentu ada rancangan untuk memerbaiki dan menyelamatkan segala sesuatu itu. Penyelamatan umat manusia sudah sejak awal mula dirancang oleh Allah. Rancangan ilahi itu sudah dinyatakan melalui Nabi Yesaya dan terulang kembali melalui Malaikat Gabriel.

Inti dari rancangan ilahi itu adalah “Imanuel”. Artinya, Allah beserta kita (cf. Mat 1:23). Hidup alam ciptaan telah terpisah dengan hidup ilahi. Maka, penyelamatan ilahi mengungkapkan dikembalikannya kehidupan alam ciptaan ke dalam kebersamaan dengan Allah. Dengan demikian, rancangan ilahi penyelamatan umat manusia juga kembalinya hidup umat manusia bersama dengan Allah. Ini semata merupakan tindakan Allah, bukan karena ketiadaan rahmat yang memadai bagi umat manusia, namun karena belaskasih Allah akan kehancuran hidup manusiawi.

Umat beriman ada di dalam rancangan agung Allah ini. Umat beriman tidak sekadar menerima pemberitaan tentang rencana penyelamatan Allah. Umat beriman terlibat di dalam rancangan itu. Secara konkret, sebagaimana direnungkan selama masa adven terkait dengan lingkungan hidup, umat beriman tidak hanya mencegah penyampahan, tetapi sekaligus menghindari penyampahan. Lingkungan hidup haruslah dibebaskan dari sampah. Dengan membiasakan diri hidup bersih dari sampah, umat beriman ikut serta dalam rancangan penyelamatan ilahi.


Selamat merenung! Tuhan memberkati! 

By Slamet Harnoto  - Tim PARPOL  [ Partisipan Pelayan Online ]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Rancangan Agung Allah"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel