iklan banner

Kegiatan Outing Class Mandarin Pertama dari Komtika

Minggu 5 Juni 2022  jam 09.00 pagi beberapa teman  Komtika sudah berkumpul di tempat les Xin Yun Harapan Indah. Ini adalah kegiatan Outing Class Mandarin pertama dengan tujuan Ancol bersama dengan  Laoshi Rina dan Ms Hani. Kegiatan ini diadakan dalam rangka Pehcun Hari Bacang.

Duan Wu Jie atau Festival makan bacang dan lomba perahu naga dikenal dengan sebutan Pehcun, merupakan kebudayaan dan sejarah China di kalangan Tionghoa Indonesia. Tradisi ini sudah lama dilakukan  dari zaman dahulu sampai saat ini. 
Quyuan, Mentri dan Pujangga dari negara bagian Chu adalah pejabat berbakat yang setia pada negaranya. Sayangnya ..... dia dikritik keluarga raja, dan diusir dari ibu kota negara Chu. 
Quyuan sangat sedih, lalu bunuh diri pada tanggal 5 bulan 5 dengan melompat ke sungai Miluo. Rakyatpun bersedih, dan mencari jenazah Quyuan......, namun tidak menemukannya. Rakyat juga  khawatir jenazahnya dimakan ikan dan udang.  Mereka lalu membungkus nasi dan daging dengan daun bambu, yang dikenal dengan nama Bacang.
Dan.....inilah cikal bakal tradisi makan bacang yang dilakukan sejak zaman Qin. 
Jadi tujuan makan bacang, untuk mengenang jasa Mentri dan Pujangga Quyuan yang sangat setia pada Raja. 
Ada juga para nelayan yang berlomba perahu mencari jenazah Quyuan,  inilah awal dari perlombaan perahu naga yang selalu diadakan setiap tahun. 
Dan .....kata orang tua zaman dahulu, di hari Pehcun tepat jam 12.00 siang saat matahari memancarkan cahaya terkuat dan gaya gravitasi melemah, dapat menjadikan telur bisa berdiri. 

Sampai di Ancol, kamipun bermain drama Pehcun, dilanjutkan dengan naik perahu. Lalu di   perahu, kami makan bacang dan buang bacang sambil mengucapkan permohonan. Acara dilanjut makan siang bersama dan obrol santai. Acara ditutup dengan latihan Taichi yang dipimpin oleh pak Bambang sebagai ketua Komunitas Tionghoa Katholik ( Komtika). 

Jam 16.00 kamipun bersiap untuk pulang.....
Terima kasih teman teman khususnya Laoshi Rina dan Ms Hani  untuk kebersamaannya hari ini, menjalankan tradisi Tionghoa    di hari Bacang (Pehcun). Belajar melestarikan serta memahami kebudayaan tradisi Tionghoa. 



















Semoga komunitas belajar Mandarin ini semakin kompak, rukun dan tetap semangat ....amiiinnn πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»



Penulis : Ibu Arianthy Diana Kusuma & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Kegiatan Outing Class Mandarin Pertama dari Komtika"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel