iklan banner

Rangkuman Kegiatan di St Felisitas 1 Selama Bulan Mei -Juni 2022

Sejenak Bersama Lingkungan St. Felisitas 1

PERGANTIAN PENGURUS

Lingkungan St. Felisitas 1 yang meliputi Cluster Asia Tropis dan Cluster Tamansari, baru saja memilih ketua lingkungan yang baru, sama seperti lingkungan lain yang berada di bawah naungan Paroki Harapan Indah. Segera setelah resmi dilantik pada 22 Mei 2022, Ketua Lingkungan terpilih, Bapak Antonius Wahyu segera bergerak untuk menjembatani masa transisi antara team dari Bapak Ignatius Thin, Ketua Lingkungan yang lama, kepada ketua lingkungan yang baru. Proses serah terima dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2022 disaksikan oleh umat yang hadir dalam pertemuan terakhir Doa Rosario dan juga oleh Bapak Santo sebagai Korwil St. Felisitas.



Pertemuan perdana Pelayan St. Felisitas 1 digelar pada tanggal 31 Mei 2022, bertempat di rumah Ketua Lingkungan terpilih. Pertemuan perdana dihadiri oleh seluruh Pelayan Lingkungan St. Felisitas 1 periode 2022-2025, Wakil Ketua DPH Bapak Daniel Suryananta dan Koordinator Wilayah St. Felisitas Bapak Bernadus J Susanto. Agenda pertemuan cukup padat, diisi dengan update dan sharing informasi.

Bapak Daniel memberikan informasi terkini tentang kebijakan-kebijakan baru yang diambil oleh Paroki saat menyikapi kondisi mulai melandainya pandemi. Hal yang lain adalah mengenai program kerja yang telah tercantum dalam SAPA; supaya Lingkungan St. Felisitas 1 tetap melanjutkan program yang telah terupload dalam SAPA, namun tetap membuka kesempatan untuk menambahkan program baru yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan. Pak Daniel mengakhiri dengan menekankan perlunya ketua lingkungan dan para pelayan lingkungan untuk mengajak umat Kembali ke gereja.

Bapak Bernadus Juri Susanto sebagai Koordinator Wilayah St. Felisitas berkesempatan untuk memaparkan kondisi demografi lingkungan St. Felisitas 1. Data demografi ini menunjukkan bahwa ada kekuatan potensial yang perlu dikembangkan lebih lagi, yaitu besarnya jumlah OMK, sehingga dalam banyak kesempatan OMK ini dapat berperan dan lebih terlibat dalam dinamika lingkungan. Dalam kesempatan ini diinformasikan juga bahwa Wilayah St. Felisitas akan bertugas sebagai panitia Natal sehingga lingkungan St. Felisitas 1 bisa mulai bersiap untuk turut serta menyukseskan rangkaian perayaan Natal 2022.

Proses peralihan tugas yang akan diemban oleh pelayan lingkungan yang baru diawali dengan sharing informasi oleh pelayan lingkungan yang lama supaya pengemban tugas yang baru mempunyai gambaran yang utuh tentang tugas dan kewajibannya. Ibu Herjanli (Sie Humas sekaligus perwakilan ASAK di Lingkungan Felisitas 1) menjelaskan mengenai tugas sebagai Humas dan program orang tua asuh kolektif yang selama ini sudah berjalan, sekaligus perencanaan ke depan dalam kaitannya dengan dukungan lingkungan untuk program ASAK. Bapak Vincentius Willy menjelaskan tentang tata kelola keuangan lingkungan, dilanjutkan oleh Ibu Tanny Megah mengenai Kesekretariatan. Ibu Lucky meberikan sharing tentang tugas yang diemban oleh Sie Liturgi lingkungan baik dalam masa offline dan online dan sesi sharing diakhiri oleh Bapak Ignatius Thin (Ketua Lingkungan periode 2018 -2022) mengenai pengelolaan Lingkungan secara umum. Dalam kesempatan ini Bapak Antonius Wahyu juga memberikan arahan mengenai lingkup tugas para pelayan Lingkugan St. Felisitas 1. Pertemuan perdana Pelayan Lingkungan St. Felisitas 1 ini ditutup dengan foto bersama


PERTEMUAN GOKIL 1

Kegiatan berikutnya adalah pertemuan GOKIL pada tanggal 11 Juni 2022. Pertemuan ini dihadiri oleh 57 umat lingkungan St. Felisitas 1 dan fasilitator dalam pertemuan ini adalah Bapak Suwadji dengan tema Menanti Roh Kebenaran dari Yohanes 16:12 – 15. Dalam pertemuan ini Pak Suwadji mengawali dengan sejarah Pentakosta dilanjutkan dengan penjelasan tentang Roh Kudus, termasuk bentuk dan wujudnya. Dari diskusi bersama umat, ada yang belum terjawab secara pasti yaitu soal: Bahasa Roh; mengenai proses mendapatkannya, cara penggunaannya dan juga cara mengerti Bahasa itu sendiri. Karena yang dipertanyakan merupakan bahasan yang cukup berat, maka ada baiknya nanti disediakan waktu khusus untuk membahasa hal ini secara terpisah dan lengkap.

Ada pertanyaan yang muncul dari Pak Daniel, “Apakah Roh Kudus yang sama juga hadir di umat lain selain Kristen?” Adapun jawaban dari fasilitator adalah “Dipastikan hadir juga, walau dengan pengertian yang berbeda, sesuai dengan Konsili Vatican II.

Secara umum pertemuan Gokil 1 ini berjalan dengan dinamis dan aktif. Sungguh menyenangkan bahwa umat St. Felisitas 1 mulai belajar mengerti lebih jauh tentang Roh Kudus.






PENDAMPINGAN UMAT YANG MENERIMA SAKRAMEN KOMUNI PERTAMA 

Para pelayan lingkungan senantiasa mendampingi dan mendukung setiap kegiatan yang melibatkan umat lingkungan. Demikian juga pada saat putra-putri dari St. Felisitas 1 menerima komuni pertama pada tanggal 19 Juni 2022. Sesudah semua prosesi di gereja selesai, mereka berkumpul di lantai dasar Gedung GKP bersama orang tuanya untuk menerima kenang-kenangan dari lingkungan.


MISA ARWAH PERDANA 

Dalam masa transisi pandemi menuju endemi, setelah sekian lama misa arwah diadakan online ataupun terbatas, maka pada hari Sabtu, 25 Juni 2022, umat St Felisitas sungguh bergembira bisa hadir dalam misa arwah secara offline. Misa arwah diadakan untuk memperingati 40 hari berpulangnya Oma Elisabeth, mama dari keluarga Bapak Lexy dan Ibu Ignatia. Misa yang dipersembahkan oleh Romo Kesaryanto ini sekaligus juga merupakan tugas perdana bagi para pelayan lingkungan yang baru, 


Suasana misa arwah offline keluarga bapak Lexy dan Ibu Ignatia

Romo bersama koor lingkungan, organis dan Ibu Ignatia

 Penulis : Mrs. Lucky Wibakti & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Rangkuman Kegiatan di St Felisitas 1 Selama Bulan Mei -Juni 2022"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel