iklan banner

Kegiatan BKSN Lingkungan Anastasia 2 Pertemuan ke - 4

Kegiatan BKSN lingkungan Anastasia 2 pertemuan ke 4 tgl 28 Sep 2021. Tema yang diangkat " Yesus Sahabat bagi mereka yang bertobat". Seperti biasa acara dimulai tepat pk 20.00 tetapi link sudah dibuka sejak pkl 19.30. Kegiatan BKSN pertemuan terakhir ini diikuti oleh 12 KK dengan jumlah umat  17 orang.

Selama menunggu waktu dimulai,kami semua mendapat informasi yang sangat baik dan perlu untuk diketahui oleh banyak orang tentang Covid 19 dari Mbak Theresia Rizky Amelia.Kami bersyukur disela-sela waktu yang ada,banyak tambahan wawasan tentang gejala2 nyata Covid,untuk itu kami berterima kasih kepada Mbak Kiki yang murah hati.

Tepat pk 20.00 acara dimulai ,yang diawali dengan sapaan dan lagu Pembuka Puji Syukur no 619 oleh Bapak Ketua Lingkungan.

Sebagaimana biasanya kegiatan pendalaman iman ini dipandu oleh Bpk Roli Ekoatmoko Sie Liturgi dan bacaan kitab suci dibacakan oleh Bapak Andreas Sri Widodo. Tema ke 4 ini mengacu  pada bacaan dari kitab Wahyu 3:14-22.

Ada yang berbeda pada pertemuan ke 4 ini yaitu dengan kehadiran Romo Dominikus Situmorang, OFM.Csp.Beliau adalah mantan Romo Kepala Paroki Santa Clara yang saat ini bertugas di Medan.Beliau dengan senang hati bersedia meluangkan waktu untuk bergabung dalam kegiatan kali ini meskipun secara virtual. Walaupun demikian,sangat menjadikan acara kali ini terasa berbeda dari yang sebelumnya.

Inti bahasan mengenai " Iman suam-suam Kuku" yang terjadi pada jemaat Laodikia dan dianalogikan pada kehidupan umat paroki disaat masa pandemi ini. Dengan terjadinya pandemi,hampir seluruh kegiatan rohani baik  di gereja maupun di lingkungan mengalami kemunduran. Umat memasuki masa-masa "iman suam-suam kuku "karena banyaknya hambatan yang dialami sehubungan dengan dilaksanakannya kegiatan-kegiatan rohani secara virtual,misalnya : tidak semua umat memiliki smartphone,meskipun ada, mereka terkendala dengan kuota, ada pula yang merasa tidak puas/nyaman mengikuti misa secara live streaming karena hanya bersifat searah saja, adapula yang malas untuk memanfaatkan kesempatan misa offline karena masih dihantui ketakutan terhadap Covid 19. Hal-hal di atas itulah yang disampaikan oleh beberapa umat dalam acara sharring.

Pada kesempatan sharring,Romo Domi juga menyampaikan bahwa iman suam-suam kuku tidak semata-mata hanya disebabkan oleh kesulitan-kesulitan yang dihadapi, tetapi " Berada di Zona Nyaman" juga bisa menjadi penyebab terjadinya iman suam-suam kuku. Ketika berada di zona nyaman,orang merasa tidak memerlukan kehadiran Tuhan,padahal seharusnya ketika berada di zona nyaman,orang harus lebih meningkatkan rasa syukur atas pemeliharaan dari Tuhan.Maka diharapkan umat tidak hanya menjadi suam-suam kuku (iman setengah-setengah) tetapi menjadikan iman sepenuhnya kepada Tuhan.

Pada akhirnya kegiatan yang sangat menarik ini ditutup dengan doa umat, berkat penutup oleh Romo Domi,  dan lagu penutup dari Puji Syukur no 620.


Demikianlah rangkaian kegiatan BKSN tahun 2021 yang telah dilaksanakan oleh Lingkungan Anastasia 2 secara lengkap (pertemuan 1,2,3, dan 4), 
Semoga dapat menjadi berkat dan semakin mempertebal iman dan percaya diri seutuhnya kepada Tuhan.

Akhir kata, saya sebagai penulis menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengurus Lingkungan dan umat Lingkungan Anastasia 2 yang telah berpartisipasi dalam seluruh rangkaian kegiatan BKSN Tahun 2021. God Bless You

Penulis : Ibu Marcelina Ratna & Publisher :  F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Kegiatan BKSN Lingkungan Anastasia 2 Pertemuan ke - 4"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel