iklan banner

Pertemuan 4 BKSN 2021 dan Arisan Lingkungan 8 Secara Virtual Lingkungan Santo Petrus 4

Umat lingkungan Santo Petrus 4 mengadakan pertemuan 4 BKSN 2021 dan Arisan lingkungan 8 secara virtual melalui Zoom pada hari Sabtu 25 September 2021. Pertemuan di mulai pukul 19.48 Wib yang dihadiri 9 participant yang terdiri dari 20 umat.

Yang menjadi fasilitator untuk pertemuan 4 adalah pak Ridwan, dan lagu pembuka dengan judul Tuhan Sumber Bahagia MB 367 yang di share oleh Ibu Agustin. Sebelum acara mulai di buka dengan kata pengantar oleh Kaling yang diwakili oleh Ibu Elly. Acara pertemuan diawali dengan ibadat  doa Pembuka seperti biasa dan materi di share oleh Ibu Elly.

Bacaan diambil dari Kitab Wahyu 3: 14-22 (Kepada jemaat di Laodikia) yang dibacakan oleh Bapak Jito. Tema pertemuan 4 BKSN 2021 adalah Yesus Sahabat bagi Orang Bertobat. Setelah bacaan selesai dibacakan baru fasilitator membawakan materi pertemuan dengan menjelaskan secara rinci gagasan yang menjadi pendalaman dari Kitab Wahyu tersebut. Ada 4 permenungan yang akan di bahas: Jemaat Laodikia, Suam-suam Kuku, Pertobatan Sejati, dan Sang Amin. 

Fasilitator menjelaskan gambaran umat Katolik ketika belum pandemi pada waktu Misa Offline, umat harus mempersiapkan segala sesuatu dengan baik dengan hati yang baik, tidak dengan persiapan yang suam-suam kuku. Karena dengan iman yang suam-suam kuku Tuhan Yesus tidak akan menerima dan akan menolak kita. Contoh iman yang suam- suam kuku adalah bangga akan kekayaan, miskin hidup rohani, Allah menjadi sekunder, serta menjadi pelayan tetapi bertindak semena-mena.Tetapi Yesus datang kepada umatnya untuk menawarkan pertobatan, dan kita sebagai umatnya harus bisa membuka diri terhadap kehadiran Yesus. Fasilitator mengajak umat untuk menginspirasi apa yang ada dalam perikop kitab wahyu tersebut yaitu Yesus selalu datang dan hadir serta mengetuk pintu hati kita setiap orang dan mengingatkan pentingnya pertobatan bagi kedewasaan iman.

Dan yang menjadi serunya acara adalah sesi sharing. Fasilitator memberi kesempatan kepada umat untuk sharing dengan memberikan pertanyaan Refleksi. Untuk pertemuan 4 ini ada 4 umat yang mau sharing yaitu:

Pak Sugi ( kurang mantap kalau tidak langsung datang ke gereja, waktu persiapan untuk ke gereja lebih siap dibandingkan dengan mengikuti misa online, hidup rohani tidak mengalami kemunduran di masa pandemi karena mempunyai alternatif untuk mengikuti doa doa online dengan memanfaatkan sarana yang ada).

Pak Kusumba (sejarah gereja, negara negara barat mengalami kemunduran dalam mengimani Kristus dan perlu adanya mujijat yang merubah dan mengembalikan kemunduran tersebut).

Ibu Agustin (Doa yang dikabulkan supaya bisa berguna bagi orang lain dan rela berkorban untuk bisa melayani walaupun dari rumah saja dengan hobi atau kebiasaan di depan laptop ).
Ibu Elly (Mencari alternatif baru untuk beribadah dengan komunitas meditasi dengan memanfaatkan sarana zoom untuk sharing mendengarkan firman dengan mengundang Romo secara virtual).

Setelah sharing baru dikuatkan dengan doa umat secara spontan dan disatukan dengan doa Bapa Kami. Pertemuan ditutup dengan doa penutup dan mohon berkat Tuhan. Lagu penutup pertemuan ke 4 ini dengan judul Bersyukur.  Setelah acara BKSN yang ke 4 selesai baru dilanjutkan dengan pengocokan arisan lingkungan yang ke 8. Malam hari ini yang mendapatkan arisan adalah Marvel anaknya pak Hendri dan Ibu Denok Kusumba. Acara ditutup pada pukul 21.32 Wib, dilanjutkan dengan acara ngobrol bebas untuk saling menguatkan dan bercanda untuk menambah imun.













Demikianlah laporan kegiatan pertemuan 4 BKSN 2021 dan arisan lingkungan secara virtual di Lingkungan Santo Petrus 4, sampai ketemu di acara berikutnya. Salam sehat, Tuhan memberkati. Amin

Penulis : Petrus Indra Gunawan & Publisher : F.X Rudy Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan 4 BKSN 2021 dan Arisan Lingkungan 8 Secara Virtual Lingkungan Santo Petrus 4"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel