iklan banner

Kegiatan BKSN Pertemuan Ketiga di Lingkungan Anastasia 2


Kegiatan BKSN Pertemuan Ketiga di Lingkungan Anastasia 2 dimulai tepat pkl 20.00 dan berlangsung lancar tanpa hambatan dari awal hingga akhir. Diikuti oleh 11 KK terdiri dari 13 orang umat. Tema : Yesus Sahabat bagi mereka yang menderita. Bacaan Injil : Lukas 10: 25-37 tentang Orang Samaria yang murah hati

Seperti biasa,acara dipandu oleh Sie Liturgi Lingkungan yaitu Bpk Roli Eko sekaligus yang membawakan doa pembukaan. Sebelumnya,acara diawali dengan lagu Pembuka dari Puji Syukur  no 659 dipimpin oleh Bapak Kaling dan dilanjutkan dengan doa Tobat. Bacaan Injil disampaikan oleh Bapak Andreas Sri Widodo.

Pandemi Covid berdampak sangat luar biasa dalam kehidupan manusia. Berbagai penderitaan yang ditimbulkan seperti kehilangan keluarga,pekerjaan,pendapatan mengakibatkan masyarakat dunia jatuh dalam kesusahan yang berkepanjangan.

Inti pembahasan dalam pertemuan ke 3 ini adalah:
  • Apakah mentalitas  orang Samaria masih melekat pada diri kita di masa-masa sulit seperti sekarang ini?
  • Mampukah kita memberi kebaikan kepada sesama yang memerlukan tanpa memandang status ,latar belakang dari orang itu?
Berdasarkan inti bahasan  di atas ,maka umat dipersilahkan untuk sharring. Kali ini sharring terasa lebih menarik karena ada yang selaras dengan bacaan Injil tetapi ada juga yang menyampaikan bahwa sikap mental orang Samaria tidak selalu cocok dengan kondisi  dunia saat ini ,apalagi bila kita berada di negara yang memiliki hukum yang rapuh. Seperti contoh seseorang yang memberikan pertolongan kepada korban tabrak lari ,bisa menjadi tersangka/pelaku karena saat kejadian tidak ada saksi mata. Yang tadinya penolong tersebut bermaksud membantu korban tetapi malahan dia menjadi orang yang dicurigai menabrak korban. Karena kasus2 seperti itu sering terjadi,mengakibatkan masyarakat takut untuk memberi bantuan kepada korban kecelakaan, sehingga terkesan masyarakat pengguna jalan bersikap masa bodoh terhadap orang yang mengalami kecelakaan.

Itulah sekelumit pengalaman umat yang berkaitan dengan bacaan hari ini. Kegiatan ini diakhiri dengan doa umat dan ditutup dengan lagu penutup Puji Syukur no 600. Sebelum para peserta meninggalkan ruang Gmeet, Bapak Kaling menyampaikan beberapa pengumuman penting.





Terima kasih untuk partisipasi Bapak/Ibu didalam Kegiatan BKSN pertemuan ketiga ini. Tuhan Yesus memberkati. Amin

Penulis : Ibu Marcellina Ratna & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Kegiatan BKSN Pertemuan Ketiga di Lingkungan Anastasia 2"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel