iklan banner

Pertemuan 3 - BKSN 2021 Secara Virtual Lingkungan Santo Petrus 4

Umat lingkungan Santo Petrus 4 mengadakan pertemuan 3 BKSN 2021 secara virtual melalui Zoom pada hari Minggu 19 September 2021. Pertemuan di mulai pukul 19.44 wib yang dihadiri 14 participant yang terdiri dari 20 umat.

Yang menjadi fasilitator untuk pertemuan 3 adalah pak Sugi, dan lagu pembuka dengan judul Yesus Kekasih Jiwaku-Aku Disayang Tuhan yang di share oleh ibu Agustin. Sebelumnya acara di buka dengan kata pengantar oleh Kaling yang diwakili oleh ibu Elly. Acara pertemuan diawali dengan ibadat  doa Pembuka seperti biasa.

Bacaan diambil dari Injil Lukas 10: 25-37 (Orang Samaria Yang Murah Hati) yang dibacakan oleh bapak Sulis. Tema pertemuan 3 BKSN 2021 adalah Yesus Sahabat bagi Mereka yang Menderita

Setelah bacaan selesai dibacaan baru fasilitator membawakan materi pertemuan dengan menjelaskan secara rinci gagasan yang menjadi pendalaman dari injil Lukas tersebut. Ada 2 bagian yang menjadi tokoh utama dalam Perikop Injil Lukas ini. Bagian 1 tokohnya adalah Ahli Taurat dan Yesus. Sedangkan bagian 2 tokohnya adalah Orang Lewi, Imam, Orang Samaria dan Orang yang dirampok sendiri. Fasilitator menegaskan pesan yang disampaikan bagi kita adalah Kemurahan Hati dan Kebaikan Hati. Untuk mempermudah pemahaman teks, fasilitator mengajak umat dengan cara memberi pertanyaan dan mengajak umat untuk menjawab pertanyaan sesuai buku panduan dan mendiskusikannya. Antusias umat sangat baik dan aktif mencari jawabannya di setiap ayat yang ada dalam perikop bacaan Injil Lukas 10: 25-37.

Dan yang menjadi serunya acara adalah sesi sharing dan aksi nyata. Fasilitator memberi kesempatan kepada umat untuk sharing dengan memberikan pertanyaan Refleksi. Untuk pertemuan 3 ini, ada banyak umat yang mau sharing yaitu:

Pak Albert (berawal dari kasihan berubah menjadi Kasih, pertolongan sekecil apapun akan sangat berguna bagi yang membutuhkan).

Pak Sulis (ditolong pada waktu sakit oleh sesamanya, teman dari lingkungan terdekat, mau terlibat dengan menolong beban sesama).

Pak Alex (pernah ditolong dengan tidak membedakan dari suku apa atau beda keyakinan, kekuatan kebaikan hati akan meringankan beban bagi saudara yang kesusahan).

Pak Ridwan ( sudah berusaha menolong dengan tulus tetapi orang yang ditolong tidak ada terima kasih. Tetapi sebagai orang beriman harus dengan ketulusan hati dan niat yang baik).

Ibu Elly ( Saling memberikan pertolongan kepada sesama waktu di dalam kereta walaupun tidak mengenal orang yang ditolong). Aksi Nyatanya adalah berusaha menolong dan peduli kepada sesama kita yang kesulitan, berusaha menjadi orang Samaria tanpa memperhitungkan batas batas suku, agama, status sosial ekonomi, serta mau berkorban dengan kemurahan dan kebaikan hati kepada sesama yang menderita.

Setelah sharing baru dikuatkan dengan doa umat secara spontan dan disatukan dengan doa Bapa Kami. Pertemuan ditutup dengan doa penutup dan mohon berkat Tuhan. Lagu penutup pertemuan ke 3 ini dengan judul Tiap Langkahku. Acara ditutup pada pukul 21.09 Wib, dengan sesi foto bersama dilanjutkan dengan acara ngobrol bebas untuk saling menguatkan dan bercanda untuk menambah imun.














Demikianlah laporan kegiatan pertemuan 3 BKSN 2021 secara virtual di Lingkungan Santo Petrus 4, sampai ketemu di pertemuan berikutnya. Salam sehat, Tuhan memberkati.

Penulis : Petrus Indra Gunawan & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan 3 - BKSN 2021 Secara Virtual Lingkungan Santo Petrus 4"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel