iklan banner

GO-KiL Oktober 2022 dan Doa Rosario 2 Lingkungan Santo Petrus 4

Pada malam hari ini Sabtu 15 Oktober 2022 dimulai pukul 19.45 Wib di rumah Bapak Ridwan (THB Blok L1/24) diadakan Go-KiL (Go Kitab Suci Lingkungan) Oktober 2022 dan Doa Rosario 2 di Lingkungan Santo Petrus 4. Pertemuan  dihadiri oleh umat 29 orang yang terdiri dari 6 OMK, 2 BIR dan 21 dewasa. Tema Go-KiL Oktober 2022 ini adalah "Pemulihan Kehidupan Yang Utuh."  Sebelum Go-KiL dimulai, dibuka kata sambutan dan pengantar oleh bapak Albert selaku Ketua Lingkungan. Untuk Tugas malam hari ini Go-KiL dibawakan oleh fasilitator yaitu Pak Albert. Untuk lagu pembuka dipimpin oleh ibu Agustin dengan judul "Dengan Gembira" PS 330.

Bacaan Injil diambil dari Injil Lukas 17: 11-19 (Kesepuluh orang kusta) yang dibacakan oleh pak Sulis. Dilanjutkan dengan Ulasan Bacaan yang intinya yaitu dari kesepuluh orang kusta yang disembuhkan hanya ada satu orang yang kembali kepada Yesus yaitu orang Samaria yang bersujud dan mengucap syukur.Kisah ini menunjukkan bahwa orang yang tidak pantas dalam menanggapi misi Yesus lebih baik daripada mereka yang dianggap pantas. Disini terbangun hubungan baru antara orang Samaria dan Yesus, hubungan kepercayaan dan syukur. Orang Samaria benar benar diselamatkan sepenuhnya. Dan Yesus bersabda "Imanmu telah menyelamatkan engkau" menyimpulkan bahwa peristiwa penyelamatan secara utuh, bukan hanya selesai sampai mujizat nya terjadi tetapi juga harus sampai kepada ucapan syukur dan pujian sesudahnya. Setelah ulasan bacaan kemudian dilanjutkan dengan Butir permenungan atau refleksi dan sharing dengan menjawab 3 pertanyaan yang disampaikan fasilitator:
  • Injil Lukas sering menyentil orang-orang yang menganggap dirinya lebih“baik” dari orang lain dan merendahkan mereka. Apakah kita pun pernah bersikap demikian? Pernahkan kita menyepelekan iman seseorang, tapi ternyata imannya justru luar biasa?
  • Pernahkah kita berada di posisi seperti kesembilan orang kusta yang menghilang begitu saja ketika sudah mendapatkan pemulihan dari Tuhan?
  • Kapan terakhir kita merasakan mukjizat Tuhan dalam hidup kita? Perhatikan apakah ada perkembangan iman pada saat itu? Dan apakah perkembangan iman itu terus bertahan atau malah menurun kembali saat  ini?
Ada 2 umat yang bersedia untuk Sharing : 
  1. Pak Albert menanggapi pertanyaan yang pertama: menganggap lebih baik dari orang lain, ketika memakai baju ke gereja, merasa dirinya lebih pantas. Meyinggung orang lain kenapa pakai kaos, merasa terganggu ketika di dalam gereja. Kenapa harus mikiran orang? Urus diri aja sendiri.
  2. Pak  Sugi menambahkan bahwa dirinya sering dilihat lebih baik dari saudara saudara yang lain, misalnya ada saudara yang  hanya ingat kalau lagi butuh bantuan, kalau sedang senang bahagia kadang tidak ingat saudara dan melupakan. Kita sebagai umat kalau lagi butuh ingat Tuhan dan lupa bersyukur kepada Tuhan kalau sudah terkabul. Maka kita perlu lebih bersyukur dengan diwujudkan misalnya dengan membantu sesama, berbagi dengan sesama. Aktif datang ke acara lingkungan karena ada rasa yang mendorong untuk kumpul dengan teman teman dan untuk datang doa Rosario. Dan yang terpenting bersyukur atas kesehatan dan rejeki yang telah diberikan oleh Tuhan. Batin kita bisa merasakan kehadiran Kristus.
Setelah sharing dan pertemuan GoKiL baru dilanjutkan dengan Doa Rosario yang dipimpin oleh Ibu Agustin dengan mengambil peristiwa Gembira. Setiap peristiwa dibacakan secara bergantian :
  • Peristiwa 1: ibu Agustin
  • Peristiwa 2: ibu Ely
  • Peristiwa 3: ibu Silaen
  • Peristiwa 4: ibu Theres
  • Peristiwa 5: Saudari Gaby
Untuk Doa Salam Maria bergilir bergantian di doakan oleh seluruh umat yang hadir.

Setelah Doa Rosario selesai dilanjut Doa Litani Santa Perawan Maria yang dipimpin oleh Ibu Theres. Dilanjutkan dengan Doa umat oleh pak Albert yang mendoakan keluarga Pak Ridwan selaku tuan rumah dan mendoakan umat lingkungan yang sedang sakit terkhusus untuk Pak Rudy dan pak Yakobus Sutopo. Kemudian dilanjutkan Doa Bapa Kami, doa Penutup serta Berkat Penutup.

Lagu penutup "Ave Maria" Pance KS 280 yang dipimpin oleh Ibu Agustin. Setelah Go-KiL dan Doa Rosario selesai baru dilanjut dengan ramah tamah dan membicarakan rencana yang akan datang. Acara ditutup pada pukul 21.30 Wib.

















Demikianlah laporan Kegiatan Go-KiL Oktober 2022 dan Doa Rosario yang ke 2 secara tatap muka di Lingkungan Santo Petrus 4.

Penulis : Petrus Indra Gunawan & Publisher : FX Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "GO-KiL Oktober 2022 dan Doa Rosario 2 Lingkungan Santo Petrus 4"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel