iklan banner

Pelatihan Dirigen untuk Pemula

Bulan September 2022 yang lalu, Subsie Paduan Suara yang bernaung dalam Seksi Liturgi Paroki mengadakan pelatihan Dirigen untuk Pemula bagi umat Paroki Harapan Indah. Acara ini dibagi ke dalam 3 sesi dengan narasumber Ibu Rini dari Wilayah Fransiskus Asisi dan Bapak Ernest Mariyanto dari Tim Liturgi KAJ.

Di sesi awal, para peserta dilatih bagaimana memberikan aba-aba dengan birama ¼ sampai dengan 6/8, mengenal tempo dan dinamika. Materi di sesi ke-2 mengupas tuntas cara direksi lagu-lagu resitatif yang banyak didapati di Puji Syukur. Tehnik pelatihan terdiri dari teori dan praktek dengan pendampingan dari dirigen senior, sehingga peserta dapat lebih aktif dalam memahami materi yang diberikan.

Sesi terakhir dibawakan oleh Bapak Ernest Mariyanto, OSF. Sosok legendaris yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga karena selain sebagai pencipta lagu di Puji Syukur, beliau juga aktif membagikan ilmunya sebagai pengasuh Sanggar Bina Liturgi. Materi yang disuguhkan di sesi akhir ini mengambil topik “Wibawa Musik Liturgi dan Peran Dirigen saat Misa”. Penyampaian materi yang lugas memancing pertanyaan-pertanyaan dari peserta seputar liturgi dan permasalahan yang kerap terjadi pada saat misa.

Pelatihan ini sebagai awal dari rangkaian pendampingan Subsie Paduan Suara bagi para pelatih dan dirigen dari kelompok-kelompok koor baik kategorial dan territorial. Proficiat bagi para Dirigen pemula, semoga dapat senantiasa semangat dalam melayani melalui paduan suara. Nantikan pelatihan lanjutan untuk dirigen yang akan diadakan tahun depan!




Penulis : Beng Bakarbessy & Publisher : FX Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pelatihan Dirigen untuk Pemula"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel