BKSN ke 3 lingkungan St. Felisitas 3

Pertemuan Bulan Kitab Suci Nasional ke 3 lingkungan Felisitas 3, dilaksanakan  Sabtu 21 September 2019 di rumah Oma Maria, Aralia.  Umat yang hadir ada sekitar 20 orang.  Pertemuan dimulai tepat jam 20.00  diawali dengan Lagu " Bapa Engkau Sungguh Baik "  

Tema pertemuan ketiga adalah BERHIKMAT MELALUI ALAM CIPTAAN.  Kegiatan ini dipandu oleh Bp Harison. Pada pertemuan ini umat diajak untuk merenungkan tokoh Yoel (Yoel 1: 5 - 15). Kitab Yoel memberi wawasan kepada kita bahwa bumi ini adalah SEBUAH RUMAH BERSAMA SEMUA MAKHLUK HIDUP termasuk hewan dan tumbuhan. 

Hikmat dalam alam ciptaaan : 
  1. Hikmat bukan sekedar teori belaka.
  2. Hikmat perlu disertai dengan tindakan yang kongkret.
  3. Dalam konteks kerusakan lingkungan dan
  4. alam ciptaan, hikmat diwujudkan dengan perduli pada kelestarian lingkungan dan alam sekitar.
  5. Beberapa gerakan sudah dilakukan dan dilaksanakan.
Kita mempunyai tugas dan tanggungjawab sebagai makhluk berakal budi untuk terus menjaga ciptaan Tuhan, selain juga berjuang memperbaiki, menjaga, dan merawat bumi ini. Misalnya dengan mengurangi penggunaan plastik, memilah milah sampah ( sampah plastik,  sampah dapur,  sampah kertas ). Pelindung lingkungan hidup Franciscus dari Asisi: "Bumi rumah kita,  semakin menyerupai tumpukan sampah. Diberbagai wilayah bumi,  daerah yang semula cantik telah tertutupi dengan sampah".  Semua ciptaan diselamatkan  dan diperbaharui oleh Kristus. 

Nasihat Yoel :
1. Keluar dari zona nyaman.
2. Pertobatan manusia. Pertobatan masal dalam menjaga lingkungan hidup.

Dalam pertemuan ini umat diajak untuk mulai lakukan dalam hal hal yang kecil, misalnya mengurangi pengunaan plastik, selalu membawa tempat botol minum, tidak menggunakan sterofoam dan lain lain.  

Pertobatan secara ekologis yaitu menjaga ciptaan Tuhan dengan mengurangi penggunaan plastik,  pelestarian hutan Indonesia,  dengan menanam tanaman di rumah atau menambah jumlah tanaman yang ada. 

Diakhir permenungan, umat diajak untuk berusaha menjaga lingkungan dan dijadikan sebagai GERAKAN BERSAMA dalam melestarikan keutuhan Ciptaan Tuhan.









Acara  diakhiri dengan berkat oleh pak Anton selaku Kaling Feli 3 pada pukul 21.15 WIB.

Semoga Tuhan selalu memberkati kita semua. Amin....

By Arianthy Diana Kusuma- Tim PARPOL  [ Partisipan Pelayan Online ]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "BKSN ke 3 lingkungan St. Felisitas 3"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel