Pertemuan BKS 3 2019 Lingkungan Santo Petrus 4

Pertemuan BKS 3 2019 diadakan pada hari Sabtu tanggal 21  September 2019 di rumah Bapak/Ibu Silaein (THB Blok N4/5) dimulai pukul 19.30 WIB. Pertemuan di buka dengan lagu "Kita Berhikmat Bangsa Bermatabat" dipimpin oleh Bapak Sugi. Tema pertemuan 3 BKS untuk kali ini ialah Berhikmat Melalui Alam Ciptaan yang belajar dari Pewartaan Yoel tentang pemulihan lingkungan hidup. 

Pertemuan dipandu oleh Fasilitator yaitu Bapak Ridwan. Pengantar dari pertemuan ini adalah Tindakan kongkrit adalah salah satu wujud untuk menciptakan Hikmat. Salah satu bentuk nyata Berhikmat adalah semakin peduli pada kelestarian lingkungan di sekitar kita. Kitab Yoel dalam pertemuan ini memberi wawasan bahwa bumi merupakan sebuah rumah bersama untuk semua makhluk hidup. Kita harus bertanggug jawab memperbaiki, menjaga dan merawat bumi sebagai rumah bersama. Bacaan diambil dari kitab Yoel 1:5-15 . Bacaan dibacakan secara bergantian pria ayat 5-7 dan 10-12, sedangkan perempuan ayat 8-9 dan 13-14 dan ayat 15 dibacakan secara bersama- sama. 

Fasilitator membacakan Narasi tentang tahap-tahap dalam nubuat Yoel.
Tahap 1 tentang musibah pertama dahsyatnya Hama Belalang.
Tahap 2 tentang tata ibadat di bait Allah terganggu.
Tahap 3 tentang musibah kedua datangnya kekeringan.
Tahap 4 tentang ibadat di bait Allah hancur total.

Dalam pertemuan ini juga diceritakan mengenai efek domino kerusakan alam dan dunia religius. Relevansinya: keluar dari zona nyaman serta peran istimewa yaitu manusia mempunyai kemampuan untuk memperbaiki lingkungan minimal memperlambat kerusakan, serta pertobatan yang sungguh sungguh untuk mencegah perusakan lingkungan dengan membuat tindakan kongkrit yang bisa dirasakan oleh alam lingkungan hidup kita.






















Kemudian umat diajak untuk membangun niat dengan rencana memungut sampah plastik yang ada di taman bermain bundaran Thb yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 22 September dimulai pukul 09.00 wib -selesai. Usaha ini kita jadikan suatu Gerakan bersama melestarikan keutuhan ciptaan. Dilanjutkan dengan doa umat dan doa permohonan dan disatukan dengan doa Bapa Kami.  Acara di tutup dengan Doa penutup secara bersama dan mohon berkat pengutusan. Lagu penutup dipimpin lagi oleh bapak Sugi yaitu dengan menyanyikan lagu berjudul "Hidup ini adalah kesempatan." Acara dilanjutkan dengan ramah tamah sambil menikmati hidangan yang disediakan tuan rumah.Umat yang hadir lumayan banyak 28 orang. Acara selesai kurang lebih pukul 21.00 Wib. Demikian sekilas info kegiatan di Lingkungan Santo Petrus 4.




By Petrus Indra Gunawan  - Tim PARPOL  [ Partisipan Pelayan Online ]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan BKS 3 2019 Lingkungan Santo Petrus 4"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel