Pertemuan BKSN Kedua – Lingkungan FX 3 (Rabu, 11 September 2019)

Geliat umat katolik dari Lingkungan St. Fransiskus Xaverius 3 – Paroki Albertus Harapan Indah kembali hadir. Dalam rangka mengisi Bulan Kitab Suci Nasional, seluruh umat katolik difasilitasi oleh materi BKSN dari Keuskupan. Tema BKSN kali ini adalah Belajar Berhikmat dari Tokoh Kitab Suci. Dan pada pertemuan kedua kali ini, umat diajak utk belajar dari tokoh Simon Petrus.

Pertemuan lingkungan tersebut dipandu oleh seorang fasilitator yang juga dari lingkungan FX3 yaitu sdr. Alonzo Jethro serta dihadiri pula oleh Sr. Hilaria KYM. Acara dimulai pukul 19.30 dan berlangsung kurang lebih 60 menit. Pertemuan berlangsung secara khidmat dan sesuai arahan dalam buku panduan BKSN KAJ 2019.

Diawali dengan lagu pembuka, kemudian seluruh umat diajak untuk bersama-sama membaca dan merenungkan Kitab Suci. Salah satu umat dipersilahkan untuk membacakan Luk 5:1-11, kemudian fasilitator mengajak umat membaca kembali dalam hati dan mengambil satu kalimat atau ayat yang menarik. Kemudian fasilitator kembali membacakan perikop tersebut.










Dalam kesempatan permenungan, fasilitator mengupas tentang kehidupan Simon Petrus mulai dari awal perjalanan panggilan hidupnya sebagai nelayan yang kemudian mengikuti Yesus. Diceritakan pula bagaimana pengalaman imannya berdinamika, mengalami kejatuhan tapi kemudian bangkit kembali dan menjadi rasul Yesus yang militan bahkan dipercaya Yesus sebagai batu karang tempat Gereja berdiri, sekaligus menjadi Paus pertama dalam Gereja Katolik. Umat diajak bersama untuk belajar dari Simon Petrus, bahwa dalam keadaan apapun selalu menyadari Tuhan senantiasa mengasihi kita dan itulah yang membuat kita senantiasa diajak tetap mengasihi Tuhan.

Umat lingkungan kemudian diajak untuk berbagi ayat yang menarik dalam perikop yang sedang dibahas tersebut. Dan pada kesimpulannya, fasilitator mengungkapkan bagaimana Kitab Suci direnungkan dengan metode lectio divina—yaitu bagaimana Kitab Suci direnungkan secara pasif: membiarkan Sabda Tuhan sendiri yang menggerakkan hati umat dan menjadi sumber kehidupan.





Pertemuan kedua BKSN  yang dihadiri oleh 25 orang tersebut diakhiri dengan doa penutup dan lagu penutup dari buku panduan. Umat terlihat sangat akrab dan guyup karena memang di luar BKSN pun, pertemuan lingkungan rutin diadakan setiap minggu. Dan pada kesempatan kali ini seluruh umat yang hadir pun diajak untuk berfoto bersama. (AL)

By Betawati & Alonzo  - Tim PARPOL  [ Partisipan Pelayan Online ]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan BKSN Kedua – Lingkungan FX 3 (Rabu, 11 September 2019)"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel