Pertemuan BKSN 2 2019 Lingkungan Santo Petrus 4

Pertemuan BKSN2 2019 diadakan pada tanggal 15  September 2019 di rumah Bapak Teddy / Ibu Susi (THB Blok O1/8) dimulai pukul 19.30 WIB. Pertemuan di mulai dengan lagu "Kita Berhikmat Bangsa Bermatabat" dipimpin oleh Bapak Sugi. Tema pertemuan 2 BKSN untuk kali ini ialah Transformasi Pribadi Yang Hikmat yang belajar dari Pergulatan Petrus sebagai murid Yesus. Pertemuan dipandu oleh Fasilitator yaitu Bapak Sardjito. Pengantar dari pertemuan ini adalah Simon Petrus dari Injil Lukas merupakan seorang nelayan yang menjadi murid Yesus. Nama aslinya Simon yang mempunyai sifat keras kepala. Petrus juga pernah menyangkal Tuhan Yesus 3x saat ayam berkokok. Tetapi Petrus merupakan pemimpin para Rasul dan memimpin sidang di Yerusalem sebagai Soko Guru Jemaat. 


Bacaan diambil dari Injil Lukas 5:1-11 " Penjala ikan menjadi Penjala manusia". Bacaan dibacakan secara bergantian per ayatnya antara umat pria dan perempuan. Untuk selingan lagu sebelum masuk ke Narasi dinyanyikan lagu dengan judul " Hidup ini adalah Kesempatan". Fasilitator membacakan Narasi tentang Pergulatan Simon Petrus menuju Hikmat, jatuh bangun yang dialami oleh Petrus sejak awal perjalanannya sampai akhir menurut Injil Lukas, pengalaman imannya bertumbuh dari keterpurukan yang sangat dalam sampai ia menjadi seorang rasul dan pewarta yang penuh Hikmat. 



Dalam pertemuan ini diceritakan ada 5 pengalaman Petrus yang diulas, yang pertama Pengakuan Petrus yang pertama kalinya dengan Yesus, Yesus memberi Penghiburan " Jangan takut mulai dari sekarang engkau akan menjadi Penjala manusia". Yang kedua Pengakuan Petrus bahwa Engkaulah Mesias dari Allah,  Petrus merasa penuh sukacita, ia telah membuktikan bahwa ia pantas untuk mendapat kepercayaan dari Yesus. Yang ketiga saat Petrus mengalami pengalaman di puncak, yang bertumbuh kesadarannya mengenai beban tanggung jawab yang diletakkan diatas bahunya. Sebagai murid ia mengambil tanggung jawab dengan menjamu tamu tamu gurunya.  Pengalaman Petrus yang Keempat saat Petrus salah jalan dalam beriman. Petrus yang merasa mampu menyelamatkan Yesus, tetapi ia tidak sadar siapa yang menyelamatkan dan siapa yang perlu diselamatkan. Petrus mengalami salah arah dalam beriman. Dan pengalaman Petrus yang kelima Petrus dipulihkan oleh pengalaman Gurunya. Pada saat itu Petrus  merasakan pengalaman dirinya dikasihi dengan kasih tanpa syarat. Kasih dari guru Nya sungguh membebaskan Petrus dari belenggu dirinya.


Dari pengalaman Petrus diatas dapat diambil kesimpulan kalau Petrus bertransformasi dari pribadi yang gagal terus menerus menjadi pribadi yang Berhikmat luar biasa. Rahasianya adalah Tuhan Yesus yang tidak menyerah untuk Simon Petrus.


Setelah dibacakan narasi tentang Simon Petrus, fasilitator mengajak umat untuk merenung baru dilanjutkan dengan membangun niat dengan cara memilih 3 ayat yang paling menarik dari Kitab Amsal untuk dipahami, dihayati dan dijalani dalam merawat dan menjaga hikmat didalam hidup sehari hari. Umat sangat antusias memilih ayat dalam Kitab Amsal dan mensharingkan kepada umat yang lain. Dilanjutkan dengan doa umat dan doa permohonan dan disatukan dengan doa Bapa Kami.  Acara di tutup dengan Doa penutup secara bersama dan mohon berkat pengutusan. Lagu penutup dipimpin lagi oleh bapak Sugi yaitu dengan menyanyikan lagu berjudul Kau Yang Terindah. Acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan perkenalan dari warga baru lingkungan Santo Petrus 4 yaitu dari keluarga Bapak Beni  pindahan dari Tangerang dan keluarga Ibu Silaein dari Paroki Salib Suci Jakarta Utara. Kemudian acara dilanjutkan dengan tiup lilin dan potong roti kue ulang tahun untuk umat yang lahir pada bulan September, kebetulan ada 4 warga yang ulang tahun yaitu Ibu Titin , Pak Ridwan mantan Kaling, Saudara Steven dan saudari Lauren (putra putri Bapak Teddy dan ibu Susi), serta Adik Amanda ( putri Bapak Gun dan ibu Erlin). Dan dilanjukan dengan santap malam dengan diawali doa makan oleh bapak Albert. Umatyang hadir lumayan banyak 38 orang. Acara selesai kurang lebih pukul 21.30 Wib.



Demikian sekilas info kegiatan di Lingkungan Santo Petrus 4.




















By  Petrus Indra Gunawan-  Tim PARPOL  [ Partisipan Pelayan Online ]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan BKSN 2 2019 Lingkungan Santo Petrus 4"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel