Legio Maria Junior di Paroki Harapan Indah

Legio Maria Junior untuk pertama kalinya hadir di Paroki Harapan Indah. Komunitas kecil ini termasuk dalam salah satu kelompok kategoial paroki, yakni Legio Maria. Presidium ini usianya belum genap setahun. Karena masih tergolong baru, Legio Maria Junior berada di bawah pendampingan Presidium Bunda Penolong Abadi Paroki Harapan Indah Bekasi Ide pendirian Legio Maria Junior sudah cukup lama. Kuria Ratu Surga terus menggaungkan dan mendorong setiap presidium yang ada di paroki untuk lebih serius menanggapi hal ini.



Setelah melalui proses yang panjang, Presidium Bunda Penolong Abadi dalam rapat pra laporan tahunan, kembali memasukkan rencana pendirian Legio Maria Junior pada agenda pertemuan. Ibu Tari sebagai Perwira meminta tanggapan maupun saran tentang hal ini. Ide itu ditanggapi oleh Sr. Ester KYM sebagai APR Presidium Bunda Penolong Abadi sekaligus sebagai tim pendamping Panti Asuhan Vita Dulcedo. Bahwa ada peluang  dan kemungkinan besar jika anak-anak Panti Asuhan yang diasuh oleh para Suster KYM membentuk satu presidium Junior. Dengan pertimbangan, tidak begitu sulit merekrut anggota, jumlahnya juga sudah memenuhi syarat sebagai presidium, kemudian dalam proses pembinaan akan lebih mudah diarahkan.


Tanggapan positif ini disambut gembira oleh anggota presidium. Tidak membutuhkan waktu yang lama, para suster KYM dengan terbuka menerima bahkan memasukkan kegiatan Legio Maria Junior sebagai bagian dari kegiatan bina rohani anak-anak Vita Dulcedo. Maka pada tanggal 27 Juni 2018, dimulai rapat pertama Legio Junior. Dihadiri oleh para APR, perwira dan anggota presidium Bunda Penolong Abadi dan 17 orang anak-anak Vita Dulcedo. Jenjang usia SD-SMP.

Pada tanggal 17 Februari 2019 Legio Maria Junior Presidium Ratu Para Malaikat disahkan oleh Kuria Ratu Surga. Presidium ini berada di bawah naungan Presidium Bunda Penolong Abadi di Paroki St. Albertus Agung Harapan Indah – Bekasi. Kendati pada awalnya Legio Maria Junior ini hanya diperuntukkan untuk pembinaan rohani anak-anak Vita Dulcedo. Namun dalam perjalanan, berkembang ide untuk  memberi kesempatan kepada anak-anak lainnya untuk bergabung. Sampai saat ini jumlah anggota yang sudah aktif ada 20 orang.




Setelah pengesahan disusun struktur keanggotaan. Pembimbing Rohani: RD. Bernardus Dimas Indragraha (pengganti PR sebelumnya), APR : Sr. Ernestin KYM, Ketua: Maria Laurentina De Lores, Wakil Ketua sekaligu menjabat sebagai sekretaris: Prudencia Wilfrida de Castro. Rapat berlangsung setiap sekali seminggu pada hari Sabtu pukul 08.00 WIB – 09.00 WIB di Jl. Flamboyan KM 10-11 Harapan Indah.


Kegiatan rutin para legioner yakni, mengadakan rapat mingguan setiap sabtu pagi pukul 08.00-09.00 WIB, mendaraskan doa-doa Tesera, melaporkan tugas mingguan, dan pengarahan  dari Ibu Tari sebagai Perwira Presidium Bunda Penolong Abadi, dibantu oleh para anggota lainnya. Yang menarik dari kegitan ini selain membiasakan diri untuk berdevosi kepada Maria, mereka diberi tugas secara bergantian untuk menuliskan inti dari khotbah/homily pastor setiap minggu, kemudian hasilnya dibagikan kepada anggota lainnya saat rapat.




Ada yang berminat?
Apa syaratnya untuk bergabung?

Legio Maria Junior ini terbuka untuk umum bagi anak-anak yang beragama Katolik dan sudah sekolah di SD hingga usia remaja. Diutamakan bagi anak yang sudah menerima komuni pertama. Namun demikian bila ada anak yang belum menerima komuni pertama yang berminat silahkan saja bergabung dan bahkan nanti ke depan bisa dibentuk kategori baru. 

Mari bergabung bersama kami Legio Maria Junior Presidium Ratu Para Malaikat. Anda akan merasakan betapa indahnya berdevosi kepada Bunda Maria. 
Salam Legioner… 
Ave Maria…


By Suster Ester, KYM. - Tim PARPOL  [ Partisipan Pelayan Online ]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Legio Maria Junior di Paroki Harapan Indah"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel