Terlibat Dalam Penggembalaan Kristus

“Domba-dombaKu mendengarkan suaraku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku” (Yoh 10:27)


12 Mei 2019 Hari Minggu Paskah IV

Hari Minggu Panggilan

Universalitas karya penyelamatan Kristus begitu tampak dalam pewartaan Kitab Wahyu pada Minggu Paskah IV, yang juga merupakan Minggu Panggilan ini. Diberitakan bahwa penulis Kitab Wahyu melihat penampakan banyak orang dari segala bangsa mendapatkan kemuliaan oleh karena darah Anak Domba (cf. Why 7:9). Seluruh umat manusia berada dalam kesatuan Anak dan Bapa.

Umat beriman ditantang untuk mengembangkan panggilannya: terlibat dalam karya penggembalaan Kristus yang universal itu. Mereka tidak hanya berada dalam kesatuan hidup dengan Bapa, tetapi sekaligus juga dalam karya kasih yang menghendaki semua orang diselamatkan. Ada tiga kata penting untuk direnungkan: MENGENAL-MENDENGARKAN-MENGIKUT! Keterlibatan umat beriman haruslah dilandasi oleh PENGENALAN. Sebagaimana Kristus mengenal domba-dombaNya, umat beriman seharusnya mengenal sesamanya. Pengenalan ini menunjuk pada kasih pada sesama yang menimbulkan kepercayaan pada sesama. Orang lain tentu tidak akan berpikir negatif tatkala umat beriman sudah dipercaya sebagai orang baik. Kepercayaan ini tentu akan membawa orang lain untuk MENDENGARKAN dan MENGIKUT.


Sebagaimana Kristus senantiasa mendengarkan “domba-dombaNya”, demikian pun umat beriman hendaknya mendengarkan apa yang terjadi di dalam kehidupannya. Umat beriman seharusnya mau dan mampu mendengarkan suara sesamanya. Kemauan dan kemampuan ini seharusnya merupakan usaha untuk memahami dan menangkap ide atau gagasan dari sesama. Penting artinya hal ini tatkala ada kecenderungan besar untuk berapriori terhadap sesama. Janganlah berapriori terlebih dahulu sebelum menangkap maksud
yang sebenarnya.

Umat beriman pun hendaknya memampukan sesamanya agar mendengarkan seruan, keprihatinan, dan kehendak Kristus, Sang Gembala. Dengan bertitik tolak dari situasi sesama, umat beriman berusaha membuka pikiran dan hati sesama untuk mendengarkan Kristus. Dengan demikian, arah yang dituju adalah bahwa sesama mau dan mampu mengikuti Kristus, Sang Gembala. 

Selamat merenung! Berkat Tuhan!

By Slamet Harnoto - Tim PARPOL  [ Partisipan Pelayan Online ]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Terlibat Dalam Penggembalaan Kristus"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel