Warta Pertobatan dan Pengampunan Dosa

“Dalam namanya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem” (Luk 24:47) 

30 Mei 2019 Hari Raya Kenaikan Tuhan
Pesan Terakhir: Warta Pertobatan dan Pengampunan Dosa 

Tidak sedikit orang yang tidak tahu bahwa sesuatu yang telah dilakukannya merupakan tindakan dosa. Tidak sedikit pula pada akhirnya yang memiliki kecenderungan dasar (gerak spontan) untuk berbuat dosa. Maka, kesadaran tampak jelas bagiku menjadi syarat dan landasan bagi pertobatan dan pengampunan. Orang harus dibuka pengetahuan dan dikembangkan kesadarannya akan dosa dan keberdosaan. Dosa bukanlah masalah imani dimana hidup pribadi dan sosial seseorang tidak tersangkut di dalamnya. Dosa menyangkut eksistensi dasar hidup manusia. Oleh karena itu, pengetahuan dan pemahaman akan keberadaan hidup umat manusia haruslah juga dimiliki. 


Sebelum naik ke soga, Yesus meninggalkan pesan wasiat kepada para muridnya. Mereka menerima tanggung jawab akan pewartaan akan pertobatan dan pengampunan dosa. Mereka harus menyadarkan semua orang akan keberadaan hidup umat manusia. Mereka menerima wasiat agar menyadarkan semua orang akan keberdosaan, pertobatan, dan pengampunan dosa. 

Pesan itu kini diemban oleh umat beriman dewasa ini. Umat beriman ditantang untuk makin menyadari akan kecenderungan diri untuk berpaling kepada hal-hal duniawi tanpa peduli akan keberdosaan yang mengiringinya. Keberadaan manusia haruslah dipulihkan dan dikembalikan kepada kesejatiannya bersama dengan Allah. Pengampunan dosa merupakan penerimaan kembali hidup pribadi dan bersama yang dilandasi niat akan kebaikan-kebaikan hidup yang dianugerahkan oleh Allah. Semoga wasiat Yesus ini makin bergema di tengah umat beriman. Amin.

By Slamet Harnoto - Tim PARPOL  [ Partisipan Pelayan Online ]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Warta Pertobatan dan Pengampunan Dosa "

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel