Geliat Maret 2019 di lingkungan Santa Felisitas 4.


Bulan Maret dan bertepatan dengan masa prapaskah tahun 2019 ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh umat di lingkungan Santa Felisitas 4 yang antara lain adalah berikut ini :

1. Misa Pemberkatan Rumah.
Syukur kepada Tuhan atas bertambahnya umat di lingkungan Santa Felisitas 4 dengan hadirnya keluarga dari Bapak Albertus Danny yang menempati kediamannya di Cluster Harmoni Kota Harapan Indah. Untuk berkenalan lebih dekat dengan keluarga Katolik di lingkungan dan memperkuat serta meneguhkan iman maka keluarga Pak Danny mengadakan Misa pemberkatan rumah pada hari Sabtu, 9 Maret 2019 yang dipersembahkan oleh Romo Yustinus Kesaryanto,Pr. Misa yang dimulai tepat jam 11.30 WIB pada saat homili ada pesan khusus dari Romo yang mengingatkan akan pentingnya sebuah rumah sebagai tempat berkumpulnya anggota keluarga yang penuh dengan iman untuk kehadiran Tuhan tanpa ragu dan kawatir, layaknya Yesus yang mau datang ke rumah Lewi yang mana itu adalah tungku api pemersatu bagi orang yang berkumpul, bertobat dan mengikuti Yesus dengan meninggalkan segala yang dia miliki. Selesai misa sekitar jam 12.30 WIB dilanjutkan dengan makan bersama sambil berdiskusi dengan Romo Kesar tentang perkembangan lingkungan dan hal-hal lainnya.







2. Tugas Koor Misa Minggu Sore, 17 Maret 2019 17.30 WIB.
Salah satu tugas rutin dari lingkungan Santa Felisitas 4 adalah mengambil bagian pelayanan gerejani dengan menjadi bagian dari liturgi misa sebagai petugas koor sesuai dengan jadwal yang sudah disusun oleh sie liturgi Paroki Harapan Indah. Setelah latihan beberapa kali maka umat dengan penuh semangat dan sukacita menyanyikan lagu-lagu yang telah dipersiapkan pada Misa Minggu sore 17 Maret 2019.



3. Pendalaman Iman (PI) Pertama APP 2019
Pada masa prapaskah tahun ini lingkungan Santa Felisitas 4 mengadakan ibadat PI pertama dengan tema yang sudah ditentukan oleh Keuskupan Agung Jakarta yaitu "Berhikmat dalam keluarga". Sebagai tempat pertemuan adalah kediaman keluarga Bapak Widarso dengan fasilitator PI oleh Miss Anna dan dihadiri sekitar 22 umat. Ibadat PI dimulai sekitar jam 19.45 pada hari Selasa, 19 Maret 2019 dengan inti sari dari PI ini adalah membangun sikap dan tindakan nyata yang mendukung relasi yang baik dan benar antar anggota keluarga dengan merenungkan dari kitab Efesus 5:1-15. Hasil dari sharing Miss Anna, Oma Hanny dan Sir Ben adalah 'hidup lah dalam kasih' dengan membawa kesaksian hidup yang nyata ditengah masyarakat dengan cara tidak berucap ataupun berbuat yang tidak baik sesuai norma di masyarakat.




4. Kunjungan kepada keluarga yang Berduka
Berita dukacita atas meninggalnya mertua dari Bapak Fidelis atau ayah dari Ibu Nani yang merupakan salah satu umat lingkungan Santa Felisitas 4 tersiar khabarnya di lingkungan pada hari Senin, 18 Maret 2019. Untuk lebih mendekatkan diri ke anggota atau umat lingkungan yang berduka maka pengurus lingkungan berkunjung kekediaman Pak Fidelis sekitar jam 18.30 WIB pada Kamis, 21 Maret 2019 untuk memberikan penghiburan dan penguatan bagi keluarga yang sedang berduka.


5. Pendalaman Iman (PI) Kedua APP 2019
Ibadat PI kedua dengan tema "Berhikmat dalam lingkungan" dibawakan oleh Bapak Agus sebagai fasilitator. Ibadat dilakukan dikediaman keluarga Bapak Tarcisius pada hari Minggu, 24 Maret 2019 dimulai jam 20.00 WIB dengan dihadiri oleh sekitar 16 umat. Pesan khusus disampaikan oleh salah satu sesepuh lingkungan yaitu Oma Hanny agar umat dan pengurus lingkungan lebih fokus dan mencari cara agar kegiatan PI diminati oleh umat lingkungan dengan salah satu caranya mengundang fasilitator yang sangat menguasai materi. Demikian juga untuk masukan dari Pak Agus, Sir Ben dan Pak Danny yang mengharapkan terjadinya regenerasi dilingkungan, juga menjadikan lingkungan sebagai tempat membagi beban kehidupan agar lebih ringan serta saling mendukung untuk berkembang dalam kasih dan kebaikan demi tetap bersatunya umat lingkungan. Pada PI ini perenungan diambil dari kitab Galatia 6:1-10 dan berakhir jam 21.00 WIB.



6. Bersih Gereja & Bunga Altar di Gereja Santo Albertus Agung.
Pada tanggal 30 Maret 2019 lingkungan Santa Felisitas 4 mendapat tugas untuk mempersiapkan Bunga Altar dan membersihkan area Gereja Santo Albertus Agung untuk kegiatan misa Sabtu dan Minggu. Dengan membawa perlengakapan pel dan sapu serta bunga, umat bersama-sama datang kegereja sekitar pukul 07.15 untuk memulai aktifitas bersih-bersih dan merangkai bunga altar. Ya, kondisi lantai gereja memang sangat kotor dikarenakan pada malam sebelumnya suasana hujan dan ada Jalan Salib dan Misa, namun hal ini semakin memberikan semangat bagi umat untuk membuat suasana menjadi lebih bersih dengan mengakiri aktifitas pada jam 10.30 WIB.



7. Pendalaman Iman (PI) Ketiga APP 2019
Terimakasih kepada Bapak Anang karena sudah memberikan kediamannya kepada umat Santa Felisitas 4 untuk beribadah PI ketiga pada hari Minggu, 31 Maret 2019. Ibadat dimulai jam 19.30 WIB dengan fasilitator PI oleh Bapak Christian dan dihadiri oleh 15 umat dengan perenungan diambil dari kitab Sirakh 4:1-10. Disampaikan pula oleh Pak Chris tentang kitab Sirakh yang ditulis oleh Yesus bin Sirakh ini merupakan bagian dari Deuterokanonika  yang kemudian dilanjutkan dengan pembahasan tema PI yaitu "Hikmat dalam bermasyarakat". Sharing dilakukan oleh Pak Chris, Pak Ben, Pak Agus & Miss Anna dengan intinya adalah umat diajak untuk membantu sesama baik yang seiman dalam Kristus ataupun tidak terutama kaum miskin, dengan berbagai cara misalnya dengan mengajarkan keterampilan, bantuan dana/uang, perhatian atau mendengarkan keluhan, dll.




Selain kegiatan-kegiatan tersebut umat lingkungan Santa Felisitas 4 juga terlibat aktif dalam mendukung kegiatan Koor Wilayah yang akan bertugas pada saat Misa kedua Minggu Palma tahun 2019. Demikian sharing seputar lingkungan Santa Felisitas 4 dalam kegiatan maupun pelayanan gereja dan semoga bisa menjadikan berkat bagi kita semua. Amin.


By Agus Yudhi  - Tim PARPOL  [ Partisipan Pelayan Online ] 
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Geliat Maret 2019 di lingkungan Santa Felisitas 4."

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel