Ketemu Dengan Yesus Yang Bangkit

“Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudaraKu, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku” (Mat 28:10)

21 April 2019 Hari Raya Paskah

Ketemu Dengan Yesus yang Bangkit 

Bagi para murid Yesus (Petrus dkk) tentu tidak ada keraguan sedikit pun akan kebangkitan Yesus, guru mereka. Mereka dijumpai Yesus sebagaimana mereka bersama berkeliling di seputar Galilea dan Yerusalem. Yesus sungguh hidup kembali sesudah kematianNya.


Namun kiranya baik direnungkan bahwa kembalinya Yesus di tengah mereka berbeda dengan saat-saat sebelum kematian Yesus. Peristiwa hidup Yesus sesudah kematianNya membongkar seluruh buku di perpustakaan benak atau batin mereka. Mereka sudah dewasa tatkala dipanggil Yesus untuk mengikuti Dia. Itu artinya mereka sebagai orang Yahudi sudah diselimuti oleh alam pikir Yahudi. Selama berkeliling bersama Yesus mereka menerima pengajaran dan berkarya bersama Yesus. Semuanya menemukan benang merahnya pada pribadi Yesus yang kini telah bangkit, hidup kembali. Dalam arti sempit, mereka baru berjumpa atau dijumpai dalam realitas Yesus yang sebenarnya! Arti sempitnya adalah kesadaran penuh akan Yesus. Dengan demikian, peristiwa Yesus menjumpai para murid merupakan peristiwa dimana Yesus menyempurnakan atau mengutuhkan pengenalan para murid akan DiriNya.

Dalam rangkaian retret agung jemaat sejak Rabu Abu, peristiwa kebangkitan kiranya mengutuhkan atau menyempurnakan pengenalan umat beriman akan Yesus. Dalam hal ini ujilah pengenalan diri Anda dengan refleksi Paulus: “Kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah. Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan” (Kol 3:3-4). Umat beriman berada dalam kesatuan dengan kematian dan hidup Kristus. Kenyataan mulia umat beriman masih tersembunyi hingga dinyatakan sepenuhnya ketika kedatangan Kristus kembali. Itu artinya bahwa hidup umat beriman berada dalam kemuliaan ilahi bersama Kristus. 

SELAMAT PASKAH! JALANI HIDUP KEMULIAAN BERSAMA KRISTUS!

By  Slamet harnoto - Tim PARPOL  [ Partisipan Pelayan Online ]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Ketemu Dengan Yesus Yang Bangkit "

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel