Misa Kamis Putih 2019

Misa Kamis Putih  di Gereja St. Albertus Agung,  Paroki Harapan Indah diadakan 2 kali misa. Misa pertama pada jam 1700 WIB dan Misa kedua pada jam 2030 WIB. Perayaan  Kamis Putih yang masuk dalam Misa Tri Hari Suci  ada dua makna penting yang dirayakan .






Pertama, adalah perjamuan malam terakhir yang merupakan simbol penyerahan hidupNYA yang total, melalui tubuh darahNYA demi keselamatan umat manusia.  Kedua, adalah pembasuhan kaki yang dilakukan Yesus kepada murid- muridNYA sebagai simbol untuk saling mengasihi dan melayani dengan total dan penuh kerendahan hati. 




Misa Kamis Putih pertama dimulai jam 17.00 WIB, dipimpin oleh Romo Bernadus Dimas Indragraha,Pr. Umat yang datang di misa pertama ini cukup banyak, kursi kursi yang disediakan panitia semuanya terisi. Cuaca terasa cukup panas, namun umat tetap khusuk mengikuti misa sampai selesai. 

Homili romo Graha cukup singkat tentang bagaimana Yesus memberikan contoh  cara mengasihi sesama, bagaimana cara melayani dengan penuh kasih yang merupakan total dari pelayananNya. Tindakan mencuci kaki para muridnya merupakan bukti cinta kasih Yesus. Kaki yang terkadang kurang mendapatkan perhatian, kurang terurus.

Di jaman dahulu, dimana orang lebih banyak berjalan kaki untuk menuju ke suatu tempat, di mana pada saat itu masih sangat jarang orang menggunakan alas kaki, dan pastinya kaki menjadi amat sangat kotor, tak terurus.  Kaki merupakan organ tubuh yang memegang peranan penting namun sering terlupakan.








Misa kedua  Kamis Putih (18/4/19) Jam 20.30 WIB  yang dipimpin oleh Romo Kesar,  Pr dengan didampingi dua orang Frater. Umat yang hadir cukup banyak hingga tenda diluar Gereja St.  Albertus Agung yang sudah disiapkan oleh Panitia Paskah.  Dalam homilinya Romo Kesar, Pr mengajak umat mengikuti ajaran KASIH  yang dicontohkan Yesus, yaitu memberikan kasihNYA   yang tak berkesudahan . Mengasihi  hendaknya janganlah   setengah-setengah atau berhenti ditengah jalan seperti yang dilakukan oleh Yudas Iskariot dan Petrus. Yudas dengan menghianati Yesus dan Petrus menyangkal Yesus. 



Misa menjadi meriah dengan alunan lagu-lagu dari KOOR Wilayah St. Alfonsus dan umatpun ikut nyanyi bersama KOOR. Tatib yang bertugas dari Wilayah St. Regina Pacis.  Umatpun khusuk berdoa meski udara terasa panas. Setalah misa usai langsung dilanjutkan dengan Tuguran.

By Diana & Petrus Urspon - Tim PARPOL  [ Partisipan Pelayan Online ]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Misa Kamis Putih 2019"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel